Sinergitas Pendampingan untuk Kemajuan Koperasi

Selasa, 8 februari 2022
Salah satu koperasi yang rutin melaksanakan Rapat Anggota yaitu Koperasi Produsen Kopi Prima Jaya. Pasalnya, setiap 35 hari sekali koperasi ini mengadakan pertemuan untuk seluruh anggota koperasi dengan lokasi pertemuan bergiliran di rumah anggota. Menarik bukan?

Pertemuan rutin tersebut sekaligus menggambarkan implementasi dari prinsip koperasi yaitu pengelolaan yang dilakukan secara demokratis. Banyak kendala, tantangan maupun pembahasan lainnya yang perlu dimusyawarahkan bersama melalu Rapat Anggota. Tak jarang pula dalam pertemuan tersebut, dihadiri oleh tamu dari pihak luar yang turut memberikan kontribusi baik dalam pendampingan usaha koperasi, penyediaan akses permodalan, pemasaran produk, maupun perluasan jaringan bisnis.

Pada pertemuan Rapat Anggota Selasa, 9 Februari 2022, turut hadir dari berbagai pihak diantaranya Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surakarta (UNS) terkait penelitian kopi, PT Bank Raya terkait penyediaan akses permodalan, penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, serta Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Kab. Temanggung. Semua pihak saling memberikan kontribusi dalam bidangnya masing-masing untuk bisa membantu permasalahan yang dihadapi koperasi serta kemajuan dan pengembangan koperasi yang lebih baik. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait persiapan Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2021 dan rencana kerja tahun 2022.