Literasi Keuangan memiliki tujuan jangka panjan

Pelaksanaan Edukasi dalam rangka meningkatkan keuangan masyarakat sangat diperlukan. Karena Literasi Keuangan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat agar dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar memberikan manfaat yang besar, seperti :
Mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan ;
Memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik;
Terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas;
Mendapatkan pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan.
Literasi Keuangan juga memberikan manfaat yang besar bagi sektor jasa keuangan. Lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain sehingga semakin tinggi tingkat Literasi Keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.
Dinas koperasi UKM Provinsi Jawa tengah melalui bidang restrukturisasi dan pembiayaan, seksi pembiayaan, melaksanakan kegiatan fasilitasi peningkatan akses pembiayaan melalui literasi keuangan, selama 2 ( dua) hari 9-10 Februari 2022 di hotel dafam Cilacap. Dengan jumlah peserta 50 ukm, dari 2 (dua) kabupaten yaitu kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.
Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya antara lain :
Materi Pengenalan aplikasi pembukuan sederhana. Dari buku warung Jakarta.
Pengenalan aplikasi pembayaran dr link aja, dan 2 narasumber dari Perbankan konvensional dan syariah.