Melihat Jauh Kedepan, Dunia Ini Tidak Selebar Daun Kelor

Mungkin terlihat sepele, siapa sangka dari coretan gambar di atas kertas yang mungkin secara artistik kurang menarik, namun gambar tersebut merupakan penglihatan yang dimiliki oleh para peserta Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan Level 1 Batch 1 atas usaha yang mereka miliki. Dari gambar tersebut, mereka diajak untuk bisa menceritakan apa yang bisa mereka lihat tidak hanya 3 atau 5 tahun kedepan, melainkan apa yang mereka lihat 15 sampai 20 tahun kedepan. Mereka bisa menceritakan, dari gambar tersebut usaha yang dijalankan akan berkembang seperti apa baik dari segi produksi, tenaga kerja, pemasaran, dan lain sebagainya

Memang, penglihatan jauh kedepan tersebut akan terbentur dengan kenyataan apa yang ada saat ini sehingga para peserta merasa penglihatan tersebut akan terhenti dalam lingkup yang tidak terlalu jauh. Mereka berpikir bahwa usaha yang dijalani saat ini kemungkinan hanya akan menjangkau dilingkungan sekitar saja tanpa melihat bahwa di jangkauan yang lebih luas usaha mereka justru akan lebih berkembang. “Sangat disayangkan jika usahamu yang begitu potensial hanya akan dikenal di lingkungan sekitar dan akhirnya hanya sibuk bersaing dengan usaha sejenis yang akan menguras banyak waktu dan energi tanpa memberikan dampak perkembangan usaha yang berarti” ucap Bio Hadikesuma, mentor pelatihan kepada para peserta.

Kita harus bisa melihat jauh kedepan, bahwa didunia ini pasti ada daerah yang sangat potensial bagi setiap usaha. Penglihatan yang jauh dapat diperjelas dengan mimpi yang sebesar mungkin bahkan sampai tak terbatas karena tidak ada larangan bagi pengusaha untuk bermimpi besar. Dengan bermimpi besar, kita dapat membuat visi usaha menjadi jelas dengan kita mau menjadi apa dan misi usaha apa yang akan kita perjuangkan.

#pelatihanberjenjang
#manajemenusaha&keuangan
#umkmjawatengah