SEJAHTERA BERSAMA KUD

Koperasi berperan penting dalam membangun perekonomian di Indonesia. Melalui koperasi diupayakan setiap anggota berhak mendapatkan berbagai macam kebutuhan, selain itu koperasi juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran yang tidak hanya mengejar keuntungan koperasi.

KUD Lesanpuro berdiri pada tanggal 17 Februari 1962 beralamatkan di Jl. Raya Kuwu - Danyang KM. 2 Desa Banjarsari Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah
KUD Lesanpuro mempunyai berbagai usaha seperti Unit simpan pinjam, kios dan gudang pupuk, Kios benih dan obat pertanian, loket rekening listrik, Kios fotocopy, dan pengelolaan pasar desa bekerjasama Dengan Bumdes Kradenan. Pagi ini kami (PPKL) bertemu dengan Bapak Susilo selaku Manajer dari KUD Lesanpuro beliau menjelaskan keinginan pengembangan usaha lain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Antusias manyarakat Kradenan dalam berkoperasi sangat tinggi, beliau menginginkan modal yang dimiliki tidak mengendap begitu saja. Potensi usaha yang ada adalah Pengelolaan Usaha Kerupuk Rambak, seperti penyediaan bahan baku, pemasaran, dan packing, dikarenakan banyak anggota dan masyarakat sekitar KUD Lesanpuro yang mempunyai usaha kecil kerupuk rambak. Saat ini KUD Lesanpuro juga mengelola pasar Desa yang merupakan Alokasi Dana Bantuan APBN dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang diresmikan pada tanggal 24 Juli 2018 bekerjasama dengan BUMDes Kradenan. Ditambah lagi KUD Lesanpuro akan bekerjasama dengan Jaringan Logistik Indonesia (JLI). Selain pengembangan usaha KUD Lesanpuro juga sering mengadakan pelatihan usaha bagi anggota seperti membuat souvenir, hantaran pernikahan, pemanfaatan limbah plastik, dan aktif dalam kegiatan bantuan sosial penyerahan santunan bagi putra putri anggota KUD Lesanpuro yang semua kegiatan tersebut demi kesejahteraan anggotanya.

Diakhir kunjungan kami, Bapak Susilo juga berpesan agar disampaikan kepada Dinas atau Kementerian terkait agar Revitalisasi KUD yang beberapa tahun terakhir digaungkan bisa segera dituntaskan, dan Kami (PPKL) akan selalu berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UKM Kab. Grobogan jika ada kegiatan pelatihan usaha/packing bisa diselenggarakan di KUD Lesanpuro.