KOPERASI BARU? YUK TERUS BELAJAR

Belajar apa nih?
Hayo penasaran ya

Belajar mengenai perkoperasian dan tata cara RAT dong. Seperti halnya, pada hari Rabu (9/02/2022), bertempat di Cendana Ballroom, Hotel Tosan Solo Baru, Sukoharjo, telah berlangsung Bimbingan Teknis Tata Cara Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT), kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 (lima puluh) koperasi baru tingkat provinsi.

Kegiatan Bintek dibuka oleh Riyan Fadillah, SE. selaku Staff Organisasi, Bidang Kelembagaan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, beliau menekankan mengenai jati diri, tujuh prinsip koperasi, serta jenis-jenis rapat anggota. "Rapat anggota itu dapat berupa rapat anggota khusus dan rapat anggota tahunan". Selain itu, "Rapat anggota khusus itu opsional, jika dirasa rapat anggota tahunan saja sudah cukup, maka tidak perlu mengadakan rapat anggota khusus," lanjutnya.

Selanjutnya, Nova Widjayanto dan Tri Suryadi selaku pemateri pada hari pertama (9/2), kembali mengulas mengenai jati diri dan prinsip koperasi yang sebelumnya telah disampaikan oleh Bapak Riyan Fadillah.
Lalu gimana bintek RAT itu dilaksanakan?

Dalam pelaksanaanya, Nova Widjayanto dan Tri Suryadi membagi peserta Bintek menjadi lima kelompok, peserta diminta berdiskusi untuk menentukan kasus yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip serta jati diri koperasi. Di akhir sesi pertama, tiap kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan memberikan tanggapan terhadap paparan kelompok lain. Sementara sesi kedua, berisi ulasan mengenai pertanggungjawaban pengurus dan pengawas.

Bintek yang berlangsung selama dua hari (9-10/02/2022), ditutup dengan Simulasi RAT. Jadi, Seluruh peserta Bintek turut berpartisipasi dalam simulasi, ada yang berperan sebagai pengurus, pengawas, serta anggota, dan ada pula yang berperan sebagai perwakilan Dekopin, Kepala Dinas Koperasi setempat, hingga Gubernur Jawa Tengah.

Keren kan pastinya,
Simulasi ini berlangsung meriah, karena peserta aktif bertanya, serta adanya evaluasi di akhir sesi yang menandakan bahwa peserta Bintek memahami jati diri koperasi, prinsip koperasi, tanggungjawab pengurus dan pengawas, serta tata cara pelaksanaan RAT sesuai pedoman yang berlaku.