pelatihan batik lanjut tingkat lanjut dan pelatihan desain fashion

Balai Pelatihan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Balatkop) Provinsi Jawa Tengah hari ini resmi membuka pelatihan batik lanjut tingkat lanjut dan pelatihan desain fashion, Senin (14/2/2022). Pelatihan batik berlangsung dari 14-23 Februari, sedangkan pelatihan desain fashion berlangsung 14-18 Februari 2022. Masing-masing pelatihan diikuti oleh 25 peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, Dra. Ema Rachmawati, M.Hum ikut hadir dan secara resmi telah membuka kedua pelatihan ini. Selain itu, beliau juga didampingi oleh Kepala Balatkop Jateng Hatta H. Yunus, S.STP, M.Si yang ikut serta hadir di Aula Teratai gedung Balatkop Jateng.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, Bu Ema menyampaikan bahwan batik dan desain fashion memegang peranan penting dalam pembuatan suatu pakaian yang sesuai dengan trend fashion terkini.
“Batik harus dipadukan dengan kotemporer agar nantinya tidak menjadi produk batik yang monoton. Sedangkan, desain fashion harus dibuat dengan ketelitian dan kerapihan saat proses menjahit,” ujar Emma Rachmawati dalam pidato sambutannya kepada peserta pelatihan.

Di sisi lain, kedua pelatihan ini mendatangkan 2 narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Narasumber pertama adalah Ina Priyono, seorang perancang busana terkenal dari Kota Semarang yang memiliki CV Karuna. Narasumber kedua adalah Siti Kholifah, seorang pengusaha batik asal Kota Semarang dengan merk Batik Kinanthi.