Selama Mau Berusaha, Jalan Akan Selalu Ada

Memulai usaha dari awal memang bukanlah hal yang mudah. Begitu pula yang dijalani Apsasi Annisa Romas, Owner Ipang Production yang beralamat di Nepen, Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang. Usaha sablon dan konveksinya dimulai dari nol dengan bermodalkan kurang lebih Rp 250.000 dan pengalaman sang suami yang bekerja sebagai tukang sablon dibeberapa workshop sablon. Memang, banyak kendala yang dihadapi dalam memulai usaha seperti terbatasnya modal, peralatan yang dimiliki, dan lain sebagainya. Sempat pula ada hinaan orang lain yang merendahkan bahwa anis dan suami tidak layak untuk menjadi pengusaha. Jangankan memiliki usaha, memiliki alat usaha seperti komputer saja tidak akan mungkin bisa. “Jangan pegang keyboard komputerku, kamu tidak akan pernah mampu untuk memilikinya” ucap anis mengingat kembali sindiran merendahkan dari seorang teman kepada sang suami. Ucapan tersebut bukan menjadi penurun semangat, namun malah menjadi semacam cambuk pemicu untuk tetap berusaha keras dan dapat membuktikan bahwa usaha yang diperjuangkan pasti akan berhasil.

Kendala diawal usaha bukan menjadi penghambat untuk berkembang melainkan menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Perlahan namun pasti, Ipang Production mulai dirintis dengan memproduksi sendiri sablon dirumah dalam skala kecil dirumah. Promosi dari getok tular, membuatkan kaos dengan logo Ipang Production untuk para pengemudi ojek pun dilakoni. Harapannya, tukang ojek akan banyak bertemu dengan penumpang dan berkeliing kebeberapa daerah sehingga secara tidak langsung banyak orang yang akan tahu dengan Ipang Production. Kini, Ipang Production telah berkembang dengan pesat dan mampu membuktikan bahwa apapun kendalanya, selama kita mau untuk berusaha pasti akan ada jalannya.

Pengalaman tersebut dibagikan kepada para peserta Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan Batch 1 Level 1 dihari terakhir dan sukses menarik perhatian serta membakar semangat para peserta pelatihan. Lebih menarik lagi, Owner Ipang Production merupakan alumni Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan dari level 1 sampai level 3 pada tahun sebelumnya dan berhasil membuktikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan sangat berdampak positif pada usaha yang dijalankan. “Terus belajar dan terapkan materi yang diperoleh selama pelatihan, walaupun hanya sebagian namun konsisten pasti usaha akan berkembang” Ucap Anis diakhir sesi success story.

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#pelatihanberjenjangbeda
#umkmjawatengah