PAKET LENGKAP PELATIHAN BERJENJANG BALATKOP!

UKM yang sukses bermula dari SDM yang berkualitas, nah pertanyaaanya how to get it ?
Sedangkan dalam bidang keuangan, seorang pelaku usaha harus dapat mengatur manajemen keuangan usahanya, contoh sederhana adalah membedakan uang pribadi dengan uang usaha, atau membuat neraca keuangan, sudahkah kita melakukannya ?
Mari kita kupas tuntas melalui pelatihan berjenjang Balatkop!

Kudus (15/2) Dinas Koperasi UKM Prov. Jateng melalui Balatkop UKM menyelenggarakan 2 Pelatihan di Hotel @HOM Kudus, yaitu Pelatihan Berjenjang Manajemen Usaha & Keuangan (MUK) Level 1 Batch 2 dan Manajemen Operasional dan SDM (MOSDM) Level 1 Batch 2. Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Bp. Hatta Hatnansya Yunus S.STP., M.Si selaku Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Prov. Jateng dan didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi UKM Kab. Kudus Ibu Dra. Rini Kartika Hadi Ahmawati, MM. Total sebanyak 50 orang peserta akan dididik dan ditempa selama 5 hari mulai tanggal 14 s/d 18 Februari 2022.

Dalam sambutannya Pak Hatta menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.0 kita dituntut 3 hal yaitu Digitalisasi, Kognitif Power untuk kreatif dan inovatif, dan terakhir Data Analysis. Dengan memiliki ketiganya akan menjadikan combo yg lengkap bagi UKM untuk lebih siap dan dapat survive menghadapi tantangan di masa depan. Beliau juga menjelaskan Pelatihan Berjenjang MUK, peserta akan diajarkan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam memisahkan keuangan pribadi dan usaha, membuat perhitungan awal produksi, dan menghitung HPP, dll. Sedangkan dalam Pelatihan MOSDM peserta akan diajarkan how to build Manajemen SDM yang produktif, efisien, efektif, dan dapat membangun daya saing bisnis berbasis MSDM yang bermutu baik dan hasil produksi berkualitas yang sesuai keinginan pasar, selanjutnya peserta diajarkan cara mengembangkan produk baru, strategi proses produksi, dll.
Setelah itu acara dilanjutkan oleh paparan materi dari Ibu Rini yang menjelaskan tentang Kebijakan Pengembangan UMKM di Kabupaten Kudus.

Harapan kedepan dari pelatihan ini agar membentuk masyarakat UKM menjadi hebat, mandiri, berkembang, dan dapat bersinergi atau berkolaborasi antara satu sama lain sehingga dapat membentuk ekosistem baru yang berbasis pada mutualisme dan dapat menciptakan lapangan kerja yang luas. Serta dapat memperkuat kapasitas ekonomi pada sektor UKM di Jawa Tengah.

#pelatihanberjenjang
#balatkopukm
#provjateng
#umkm