OSS RBA, TIDAK SEMUDAH TULISANNYA

Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) adalah sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Sistem OSS ini dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga OSS dalam hal penyelenggaraan perizinan berusha berbasis risiko (rendah, menengah, dan tinggi).

Selasa, 15 Februari 2022 dilakukan kunjungan pembinaan dan updating data di Koperasi Jasa Karyawan Mandiri Sejahtera di kantornya Jl. Semarang-Surabaya km.130 Kec. Sluke Kab. Rembang Jateng. Koperasi Jasa KMS merupakan koperasi karyawan PT. PJB OBJ O&M PLTU Rembang yang beranggotakan 291 orang dan diketuai Pak Sisyanto.

Kunjungan hari ini pembinaan berkaitan perijinan usaha dan operasional koperasi dilakukan oleh Awang Budiyono, SE PPKL Kab. Rembang dan Ibu Sulis Setianingsih, S.IP, MM bertemu dengan Mas Feddy Setiawan Manager Kop Jasa KMS dan Ibu Endang bagian SimPin.

Disana dilakukan pembinaan dan praktek langsung entri oss.go.id di komputer secara online, dimana koperasi di tahun 2018 sudah memiliki NIB dan KBLI berkaitan kontruksi gedung. Dan hal itu tidak sesuai dengan usaha saat ini, koperasi juga telah melakukan PAD AHU sudah menjadi Koperasi Jasa yang dulunya Koperasi Karyawan.

Menu user dan password tidak bisa melakukan login oss. Sedangkan membuat baru juga tidak bisa, karena disistem oss telah mendeteksi bahwa Koperasi Karyawan Mandiri Sejahtera sudah pernah akses oss di versi lama. Kedala seperti ini mungkin banyak terjadi dilapangan, baik badan hukum koperasi, pt dan ukm.

Butuh tindak lanjut yang cerdas dalam mensikapi permasalahan ini, klo tidak kendala perijinan berimbas pada kegiatan usaha dari suatu lembaga atau badan usaha.
Bisa mudah, kenapa masih susah.
Bagaimana diwilayah kalian gaes??
@kemenkopukm
@tetenmasduki_
@penyuluhkoperasi
@ppkljawatengah
@dinindakopukm.rembang
#ppklkemenkopukmri
#ppklprovjateng