Peran Pendamping Kab. Temanggung dalam Online Data Sistem (ODS) UMKM

Di negara maju maupun berkembang, peran UMKM sangat penting, sebab mampu menyerap tenaga kerja dan ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

Dalam memajukan UMKM diperlukan evaluasi secara berkala tentang cara pengelolaan UMKM yang baik dan benar. Salah satu upaya pengelolaan data yaitu melalui pengelolaan dan penataan data UMKM yang baik.

Untuk itu, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kab. Temanggung melakukan penginputan data UMKM berbasis online guna mendapatkan data yang valid melalui Online Data Sistem (ODS) agar diperoleh sistem pendataan UMKM yang lebih baik dan akurat.

Tenaga Pendamping KUMKM Kab. Temanggung (Ratna) melakukan pendampingan dalam penginputan ODS UMKM tersebut. Penataan Data UMKM melalui aplikasi ODS tersebut difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Hal tersebut agar percepatan data UMKM dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Data yang telah dikumpulkan dan nantinya dapat dipublikasikan melalui sistem informasi dan dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat umum.

#balatkopukmjateng
#pendampingkumkm2022