PENDAMPINGAN PPKL YANG TAK PERNAH HENTI

Berakhirnya Tahun Buku 2021 menandakan Pengurus Pengawas Koperasi segera melaksanakan kewajibannya yakni Rapat Anggota Tahunan. Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan oleh Koperasi karena didalamnya terdapat laporan pertanggungjawaban pengurus, pengawas selama satu tahun.

Jumat (11/02/2022) PPKL Kabupaten Demak menerima konsultasi dari Koperasi Konsumen KPRI Sejahtera RSUD Sultan Fatah Demak di kantor Dindagkop UKM Kabupaten Demak. Dari koperasi konsumen KPRI diwakili oleh ibu Angel (karyawan bagian administrasi keuangan), Pendampingan ini merupakan tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya karena dalam membuat neraca dan laba rugi membutuhkan pendampingan khusus bagi koperasi yang baru berdiri.

Koperasi Konsumen KPRI Sejahtera RSUD Sultan Fatah Demak ini memiliki unit usaha yaitu usaha simpan pinjam dan toko, Ibu Nur Wachidah dan bapak Fachrozi selaku PPKL Kabupaten Demak melakukan pendampingan terkait dengan pelaporan keuangan Koperasi dan bimbingan buku administrasi koperasi.

Dalam hal ini, PPKL Kab.Demak memberikan bimbingan terkait penyusunan laporan keuangan agar sesuai dengan standar PSAK tentang Akuntansi Perkoperasian dan pengisian 16 buku administrasi koperasi. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini Koperasi dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan ketentuan dan dapat memudahkan Koperasi dalam menyajikan laporan pertanggungjawaban sehingga koperasi dapat melaksanakan RAT secara rutin dan tepat waktu serta tertib administrasi.

Penulis : Nur wachidah (ppkl kab. Demak)
#ppklkabdemak
#ppklkemenkopukmri
#ppkljatengmakaryo
#penyuluhkoperasi
#koperasikeren