KOLABORASI KOPI DI TENGAH VIRALNYA KOPI DI KALANGAN MILENIAL

Sibuknya para pengurus koperasi dan petani kopi di tengah masa panen kopi tidak mengurungkan niat mereka untuk belajar dan berdiskusi bersama pada hari selasa (15/2/2022) bertempat di hotel safira kota magelang dalam acara bintek penataan manajemen usaha koperasi yang berlangsung selama 3 hari.

Sambutan sekaligus pembukaan disampaikan langsung oleh Bp. Bima Kartika SH, MM selaku kepala bidang kelembagaan Dinas Koperasi UKM prov. Jateng dimana beliau menyampaikan bahwa koperasi produsen kopi perlu menciptakan brand yang lebih menarik ditengah maraknya Coffee shop di kalangan milenial yang merupakan peluang besar dalam upaya mem-branding koperasi produsen kopi Jawa Tengah untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu Bp. Bima Kartika juga berharap peserta bintek untuk dapat bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan sampai akhir dan tentunya dapat menerapkan ilmu yang sudah di dapat.

Lantas, apasih tujuan dari bintek penataan usaha manajemen ini?

Bintek ini bertujuan untuk memecahkan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh koperasi produsen kopi yaitu pada aspek skala usahanya terutama jika ingin merambah ke pasar nasional maupun internasional.

Oleh karena itu, koperasi produsen kopi harus mampu meningkatkan kuantitas produk, kualitas dan menjaga kontinuitas produk serta adanya kolaborasi dan konsolidasi antar koperasi produsen kopi di jawa tengah baik dari hulu sampai dengan hilir.

Dan yang tidak kalah penting koperasi harus dapat membangun komitmen terutama di kalangan anggota koperasi khususnya petani kopi.