BELAJAR TAK MENGENAL USIA

Belajar mengenai perkoperasian dan tata cara RAT dong. Seperti halnya, pada hari Senin (14/02/2022), bertempat di Hotel Plaza Kota Tegal, telah berlangsung Bimbingan Teknis Tata Cara Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT), kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 (lima puluh) koperasi baru dan lama tingkat provinsi. Menarik bintek kali ini pasalnya para peserta ada yang usianya masih belia sampai lanjut usia.
Kegiatan Bintek dibuka oleh Utik Ekowati. selaku Staff Organisasi, Bidang Kelembagaan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya Rapat anggota. Rapat Anggota terdiri dari : Rapat Anggota dan Rapat Anggota Luar Biasa.
“Rapat anggota dapat berupa rapat anggota khusus dan rapat anggota tahunan". " terang bu Utik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi jati diri dan prinsip koperasi yang dibawakan Nova Widjayanto dan materi membuat laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas yang disampaikan Tri Suryadi selaku pemateri pada hari pertama (14/2).

Lalu gimana praktek RAT itu dilaksanakan?
Hari kedua Selasa (15/2/2022) materi terkait tata cara pelaksanaan RAT yang dimulai dari tahap persiapan RAT dengan membuat laporan, menyebarkan undangan membuat panitia dan sebagainya. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan yang dibagi menjadi acara seremonial dan acara inti. Materi ini disampaikan oleh Saifudin Zuhri

Bintek yang berlangsung selama dua hari (14-15/02/2022), ditutup dengan Simulasi RAT. Jadi, Seluruh peserta Bintek turut berpartisipasi dalam simulasi, simulasi ini berupa praktek RAT dengan membagi peran, ada yang berperan sebagai pengurus, pengawas, serta anggota, dan ada pula yang berperan sebagai perwakilan Dekopin, Kepala Dinas Koperasi setempat, hingga Gubernur Jawa Tengah.

Keren kan pastinya,
Simulasi ini berlangsung meriah, karena peserta aktif bertanya, serta adanya evaluasi di akhir sesi yang menandakan bahwa peserta Bintek memahami jati diri koperasi, prinsip koperasi, tanggungjawab pengurus dan pengawas, serta tata cara pelaksanaan RAT sesuai pedoman yang berlaku.