Usaha Rudin *BERBUAH MANIS*

Keluar dari zona nyaman yang selama ini di geluti selama 17 tahun bekerja di Jakarta, kini pak Rudin yang akrab disapa oleh masyarakat, beralih menjadi pengusaha kripik buah manis.

Dimulai dengan tekad Pak Rudin untuk pulang ke Banjarnegara dan memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas, tabungannya saat bekerja di jakarta dulu.

Tahun 2020 Pak Rudin mendirikan usaha yang diberi nama GHINA SNACK. Dengan membeli alat penggoreng dan siller, kini usaha kripik buah Pak Rudin sudah berkembang pesat.

Diawal memulai usaha Pak Rudin masih belum stabil dalam produksi dan penyiapan bahan bakunya.
Namun dengan semangat dan kegigihannya, disaat pendemi seperti sekarang ini, meskipun masih tahun ke-2, usahanya sudah bisa stabil dan memiliki izin usaha yang lengkap mulai dari IUMK, NIB, PIRT, dan HALAL.


Mengikuti pelatihan Manajemen Usaha Kecil di Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2020, membawa DHINA Snack lebih semangat dan tertata lagi, baik dari segi pembukuan hingga kemasan dan link pemasarannya.

Ghina snack kripik buah tetap mengutamakan kualitas produk sehingga bisa bersaing di pasar luar, dengan 3 varian produk yaitu kripik buah salak, nangka dan pisang.

Pemasarannya sudah luas, mulai dari Wonosobo, Purbalingga, Semarang dan Yogyakarta hingga Jakarta.

Pak Rudin kini mempunyai 6 karyawan dan 4 riseller yang membantu usaha Ghina snack sehingga mampu bertahan di saat pendemi seperti saat ini.

Untuk meningkatkan usahanya utamanya dalam hal pemasaran, Pak Rudin berharap bisa mengikuti pelatihan pemasaran digital sehingga jangkauan pemasarannya semakin luas dan menjangkau seluruh kalangan.

#disperindagkopukm.banjarnegara
#balatkopukmjateng
#dinkopukmjateng