pembinaan dan pengawasan

Boyolali, 18 Februari 2022

Dalam rangka melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan lapangan ke KSP Artha Bumi Rahayu yang baru saja menjalankan RAT Tahun Buku 2021 pada 9 Februari 2022. Ditemui langsung oleh Pengurus dan Pengelola, momen ini sekaligus menjadi sarana bagi koperasi untuk berkonsultasi dengan Dinas terkait dengan kondisi yang sedang mereka alami dan beberapa hal yang perlu dibenahi.

KSP Artha Bumi Rahayu beralamat di Jl. Raya Ngemplak No.8, Jetis, Sawahan, Kec. Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Berawal dari Koperasi Serba Usaha yang sudah memiliki badan hukum dari tahun 2012, pada 10 November 2017, mereka melakukan PAD untuk mengubah nama menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Dengan tujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umunya, bidang usaha yang dilaksanakan oleh Koperasi Simpan Pinjam Artha Bumi Rahayu sampai saat ini adalah Usaha Simpan Pinjam.

KSP Artha Bumi Rahayu memiliki anggota sebanyak 896 orang. Jumlah tersebut meningkat 110,82% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan pertumbuhan anggota cukup pesat, yang juga mengindikasikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KSP Artha Bumi Rahayu juga meningkat. Adapun jumlah Pengurus dan Pengawas Koperasi masing-masing 3 orang, sedangkan jumlah pengelola/karyawan adalah 20 orang.

Ibu Budi Rahayu selaku pengurus dari koperasi tersebut menyampaikan terkait saran tindak yang disampaikan oleh Dinas Koperasi, UKM Jateng saat kunjungan beberapa waktu yang lalu sudah ditindaklanjuti berikut data pemutakhirannya dan akan terus ditingkatkan pembenahan-pembenahan terkait dengan beberapa hal yg belum sesuai dengan regulasi yang relevan. Secara spesifik, kunjungan Dinkop Prov Jateng kali ini yaitu dalam rangka penerapan Kertas Kerja Pemeriksaan Kesehatan Koperasi (KKPKK) yang baru, masih ada beberapa berkas diperlukan yang belum tercover, terkait hal ini KSP Artha Bumi Rahayu bersikap kooperatif dan berkomitmen untuk segera melengkapinya.