Peningkatan SDM dan Manajemen produk demi tembus pasar international.

Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah melalui bidang BINUS Dan Pemasaran melaksanakan kegiatan BIMTEK DAN PKL UMKM BUSSINESS LANGUAGE DAN MANAGEMENT PRODUK DI YOGYAKARTA TGL 7-11 FEBRUARI 2022 untuk meningkatkan SDM UKM.

Kegiatan tersebut diikuti oleh UKM dari 5 kabupaten kota, yang dimulai dengan pelatihan berbahasa inggris dengan mendatangkan para mentor dari Kampung Inggris Yogyakarta. Selama 3 hari para peserta digembleng dengan menggunakan bahasa inggria dalam setiap kegiatan sehari harinya. Dari kegiatan tersebut diharapkan para peserta mampu menjelaskan produknya dan berdiskusi  dengan menggunakan bahasa inggris, sehingga dapat membuka peluang pasar yang lebih luas.

Dari kegiatan tersebut juga dilaksanakan PKL ke 4 UMKM yang telah melaksanakan ekspor agar para peserta mendapatkan wawasan dan pengalaman dari para UMKM pelaku ekspor. UMKM tersebut adalah :
1. Dowa Bag (ekspor tas berbahan rajut)
2. Kopi Nata (ekspor kopi rendah kafein)
3. Batik Destro (ekspor batik)
4. Ice Cream Sweet Sundae (produksi ice cream,susu,keju,dan galato)
Para peserta sangat antusias mendengarkan paparan,sharing pengalaman,tips n trick mengenai dunia ekspor langsung dari pelakunya.

Dari kegiatan ini diharapkan para peserta lebih bersemangat menembus pasar internasional dengan mampu menjelaskan dan menawarkan produknya menggunakan bahasa inggris.