Pratesthi Batik, Craft, & Ecoprint: Siap Merambah Pasar Internasional

Pratesthi Batik, Craft & Ecoprint merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang tekstil kain batik dan kain ecoprint serta produk-produk kerajinan dari kedua kain tersebut. Usaha ini berdiri sejak tahun 2018 dan peminat produk-produk Pratesthi tidak hanya datang dari Kota Semarang, namun meluas ke seluruh Indonesia. Kemudahan berbelanja secara online melalui website, WA, dan beberapa platform marketplace, membuat customer dengan mudah mendapatkan produk-produk Pratesthi.

Produk Pratesthi tidak hanya laris manis di Indonesia, namun juga di luar negeri, seperti Jepang, Malaysia, Singapura, Filipina, Korea Selatan. Namun untuk penjualan ke luar negeri saat ini masih menggunakan hand carry dengan pihak ketiga.

Melihat potensi pasar Internasional tersebut, Pratesthi Batik, Craft, & Ecoprint mengikuti Pelatihan Ekspor dari Balai Pelatihan Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah. Langkah ini diambil untuk menggali ilmu lebih dalam terkait prosedur yang berhubungan dengan ekspor, mulai dari perizinannya hingga cara pengiriman ke luar negeri. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, banyak sekali informasi yang didapatkan dan sangat membantu pemahaman terkait ekspor produk ke luar negeri.

Untuk saat ini, Pratesthi Batik, Craft, & Ecoprint masih memiliki banyak ‘tugas’ sebelum pada akhirnya bisa melakukan ekspor, seperti meningkatkan kapasitas produksi, quality control, pengembangan produk, hingga mencari pihak yang dapat dijadikan mitra kerjasama dalam melakukan ekspor ke negara tujuan.

Sambil memproses persiapan ekspor, saat ini Pratesthi Batik, Craft, & Ecoprint memfokuskan bisnis pada peningkatan kapasitas produksi dan quality control, inovasi produk (baju jadi), dan workshop ecoprint yang ramah lingkungan.

Untuk informasi produk dan workshop bisa cek ke Instagram mereka di @pratesthi_batikandcraft

#pendampingKUMKM2022
#balatkopUKMJateng
#pelatihanBalatkopUKMJateng