Nasib Penderes dibawah Kepemimpinan Mas Icus

Bapak Susanto atau kerap di sapa Mas Icus adalah Ketua Koperasi Nira Kamukten yang beralamat di Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Koperasi ini berdiri sejak 2013, yang hingga saat ini mampu membersamai para penderes sebanyak 347 anggotanya.

Dibawah kepemimpinan Mas Icus, para penderes mampu berkolaborasi dengan para pengurus koperasi. Dengan semangat dan ketekunan, mereka mampu memproduksi gula semut sebanyak 40 ton/bulan sehingga menjadikan koperasi ini sebagai salah satu koperasi produksi yang mampu melakukan ekspor gula semut ke beberapa negara seperti Amerika dan Eropa.

Kunci utama kesuksesan mereka adalah mempertahankan kualitas gula semut dan menjaga kenyamanan anggota sehingga mampu seperti sekarang ini. Para anggota banyak menerima fasilitas dan keuntungan setelah bergabung sebagai anggota Koperasi Nira Kamukten. Para penguruspun menjadi pede dan lebih maju setelah mengikuti beberapa pelatihan dari Dinas Koperasi UKM Provinsi dan Kabupaten. Kini Nira Kamukten semakin berkembang dan berdaya saing dikanca lokal hingga internasional, terlebih dengan sudah dimilikinya sertifikat dan perizinan yang lengkap.

#koperasimaju
#pelatihankoperasi
#pendamping2022
#balatkopumkmjateng