Yangkomochi, resep tradisonal yang terjaga hingga kini

Yangko, adalah makanan tradisional yang berasal dari tepung ketan bertekstur lembut nan kenyal berisi kacang. Dahulu, yangko hanya dapat dijumpai dalam acara tertentu seperti hajatan pernikahan. Adalah Ibu Erykha Martyana, Owner dari Yangkomochi yang berinovasi menghadirkan kembali yangko dengan resep tradisional tempo dulu menjadi sajian yang siap dinikmati kapan saja dan dimana saja. Keunggulan produk dari Yangkomochi adalah penggunaan bahan berkualitas dan dalam keadaan segar / fresh serta resep yang selalu terjaga konsistensinya sehingga terjamin kualitasnya.

Pada awalnya, untuk memasarkan produk Ibu Erykha hanya mengandalkan promosi Door to Door, dan menawarkan ke beberapa agen bus. “Memang sengaja tidak menitipkan ke toko oleh-oleh mengingat masa simpan produk hanya tiga hari” ucap Ibu Erykha. Namun, bukan berarti produk Yangkomochi hanya ada di Magelang saja melainkan sampai ke beberapa kota di Pulau Jawa dengan sistem keagenan. Masa simpan produk yang relatif pendek ini karena tidak adanya bahan tambahan berupa pengawet sehingga perlu strategi khusus agar produk tetap aman sampai ketangan kansumen yang ada diluar kota. Bahkan, beberapa kali sempat mengirim produk keluar pulau melalui salah satu agen pengiriman khusus sehingga dalam waktu 2 hari produk sudah sampai.

Ibu Erykha yang merupakan alumni Pelatihan AMT yang diselenggarakan oleh Balatkop UKM Prov. Jateng menyampaikan agar tetap semangat, kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha. Jangan sampai kendala yang ada menghambat kita untuk berkembang, namun coba lihat dari sisi yang lain ternyata kendala itu dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk berkembang. Saat ini, Yangkomochi telah hadir dibeberapa marketplace, maupun akun media sosial seperti Facebook, TikTok dan Instagram @yangkomochi

#balatkopukmjateng
#pendampinganumkm2022
#umkmjawatengah