Pemeriksaan Kesehatan Koperasi

Rembang, 22 Februari 2022

Kunjungan rutin Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Pemeriksaan Kesehatan Koperasi kembali dilaksanakan, kali ini yang menjadi objek adalah KSPPS Khoirul Ummah di Kabupaten Rembang. Disambut langsung oleh Pengurus dan Pengelola Koperasi, sejumlah pertanyaan terkait kondisi terkini koperasi dapat dijawab dengan baik, pun dengan kebutuhan dokumen pendukung sebagai pemenuhan data dapat dengan segera disajikan sehingga proses Pemeriksaan Kesehatan Koperasi dapat berjalan dengan lancar.

KSPPS Khoirul Ummah beralamat di Jl. WR Supratman no. 21, Kutoharjo, Rembang. Lokasinya yang berseberangan dengan Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Budi Mulia Rembang, rupanya berkaitan erat dengan sejarah pendirian koperasi yang pada awalnya memang bertujuan untuk membantu orang-orang pesantren tersebut. Kini, setelah beroperasional kurang lebih 6 tahun, KSPPS Khoirul Ummah telah melayani 1.162 orang anggota, dengan total aset per Tahun Buku 2021 mencapai lebih dari 10 Milyar.

Hantaman pandemi covid-19 berdampak tidak hanya pada kinerja keuangan, namun juga manajemen, dimana pada akhir tahun 2020 dua pengurus KSPPS Khoirul Ummah, yakni Ketua dan Bendaharanya, harus berpulang dalam waktu yang relatif berdekatan. Pak Nyoto Teguh, selaku Sekretaris Koperasi saat itu akhirnya dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua. Bersama dengan Sekretaris dan Bendahara yang baru, Pak Ernanto Rudi dan Pak Umar Ma’ruf, ketiganya diangkat sebagai Pengurus Antar Waktu (PAW) untuk melanjutkan kepengurusan sampai akhir tahun 2022, sebelum dilakukan pemilihan Pengurus Reguler periode selanjutnya pada tahun 2023. Komitmen dan semangat Pengurus Baru ini tentunya sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan kebermanfaatan koperasi bagi anggota.