Dr_Kitchen: Terus Berinovasi dalam Bisnis Kuliner

Berawal dari bisnis brownies premium lalu merambah ke aneka kue dan snack, kini Dr_Kitchen memiliki bisnis kuliner baru yaitu Mie Ayam Blackpepper dan Baso Sapi Asli.

Ayu Karimah, owner Dr_Kitchen, mengaku suka meracik resep-resep makanan untuk kemudian dijadikan sebagai menu bisnisnya. Yang terbaru yaitu Mie Ayam Blackpeper dan Baso Sapi Asli yang baru dibuka November 2021 lalu. Beliau mengaku bisnis kulinernya yang satu ini merupakan tantangan baru buatnya karena cara pemasaran dan penyajian yang berbeda. Selama ini dalam bisnis brownies serta aneka kue dan snack, Bu Ayu Karimah menerima pesanan secara Pre-Order dan dengan pemasaran melalui WA, FB, dan juga review dari mulut ke mulut. Bisnis aneka kue dan snacknya sudah bisa dilepas, hanya sesekali saja diawasi. Namun berbeda untuk bisnis mie ayamnya, Bu Ayu harus memikirkan strategi lain, beliau harus terjun langsung dalam pengelolaan kedai mie ayamnya dan memastikan segalanya berjalan dengan baik.

Keberhasilan Ayu Karimah dalam ‘melepas’ (baca : hanya sesekali mengawasi) bisnis aneka kue dan snack adalah merupakan hasil dari Pelatihan Manajemen Operasional dan SDM yang diselenggarakan Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah. Dari pelatihan itu, beliau paham bagaimana cara mengatur operasional bisnisnya, mulai dari SOP (Standard Operating Procedure) untuk peletakan bahan-bahan, proses produksinya yang efisien, hingga penataan/pengelolaan para pegawainya. Pelatihan ini sangat membantu dalam mengelola bisnisnya, hingga beliau bisa ‘melepas’ dan mulai memikirkan bisnis baru lagi yang meskipun berbeda produk, namun masih di bidang kuliner yaitu “Mie Ayam Blackpepper dan Baso Sapi Asli”.

Bu Ayu berharap kedepan diberikan kesempatan untuk bisa belajar pengelolaan keuangan karena hal tersebut masih membutuhkan perhatian lebih di usahanya.

#pendampingKUMKM2022
#balatkopUKMJateng
#pelatihanBalatkopUKMJateng