Balatkop Fashion Show Batik : Unik-Unik

Pelatihan Batik Lanjut yang diselenggarakan Balatkop UKM Jateng hari ini (23-02-2022) selesai. Penutupan pelatihan diakhiri dengan Fashion Show Batik hasil buatan para peserta. Mereka memamerkan hasil karyanya yang unik dan indah, satu persatu.

Batik yang mereka buat selama 10 hari pelatihan, memiliki makna dan filosofi yang berbeda-beda. Motif batik yang mereka buat disesuai dengan daerah asalnya masing-masing, ada yang dari Semarang, Pati, Magelang, Wonogiri dan lainnya.

Batik Pesona Gapuri Sukses, salah satunya. Batik ini dibuat oleh Mas Dian Nugroho. Motif batik ini terdiri dari motif Gapura Wonogiri, tulisan Wonogiri Sukses dengan huruf Jawa, pegunungan, sulur hijau, bunga, awan, bulan, dan bintang. Filosofi motif ini adalah harapan bagi pemakai batik untuk selalu semangat dalam menjalani hidup, pantang menyerah, bisa sukses dan sejahtera hidupnya serta tidak meninggalkan entitas Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap peserta dapat mengasah keterampilan yang dimiliki untuk melakukan inovasi-inovasi, baik dalam hal penciptaan motif-motif batik yang khas/unik maupun mengembangkan usahanya untuk semakin memperluas penciptaan tenaga kerja di lingkungan sekitarnya.

#balatkopUKMJateng
#pelatihanbalatkop
#pelatihanbatiklanjut