Gatot Terus Berbenah

Berawal dari seorang sales sebuah produk yang memasarkan produk orang lain, Pak Gatot berfikir keras bagaimana kalau membuat produk sendiri dan memasarkannya. Hingga akhirnya terfikirkanlah untuk membuat produk keripik singkong dengan brand “Ceria”.

Beruntung tak sulit menemukan suplai singkong untuk keripik singkongnya. Pasalnya petani di lingkungan tempat tinggalnya memang penghasil singkong sekaligus untuk memberdayakan petani lokal.

Perlu proses 10 tahun untuk akhirnya Pak Gatot berhasil menjual kripik singkong dalam kapasitas besar. Untuk memenuhi kebutuhan kapasitas besar, beliau membuat dapur khusus. Pak Gatot juga merekrut 7 orang karyawan untuk tenaga produksi, penyedia bahan baku maupun untuk penjualan.

“Berkat Pelatihan Manajemen Operasional dan Sumber Daya Manusia dari Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah yang pernah saya ikuti di tahun 2020, saya bisa mengaplikasikan cara agar bisnis yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang hingga sampai saat ini” ungkap Pak Gatot.

Tak hanya itu, untuk menambahkan kualitas dan kepercayaan masyarakat Pak Gatot juga mengikuti program Pelatihan Sistem Jaminan Halal dan Fasilitas Sertifikasi Halal bagi UMKM oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan LPPOM MUI Jateng dan sudah mendapatkan audit langsung dari LPPOM MUI Jateng pada Selasa, 22 Februari 2022 bertempat di rumah produksinya di Desa Negaradaha, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Pak Gatot berharap semoga dengan adanya peningkatan kapasitas dan kualitas keripik singkongnya, pemasaran kripik singkongnya akan semakin luas dan usahanya bisa menjadi keberkahan untuk orang lain.

#umkmbrebes
#diskopumdagbrebes
#umkmmaju
#umkmnaikkelas
#dinkopjateng
#balatkopukmjateng