PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN

Apa itu PPKL ?
PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) adalah ujung tombak gerakan pendampingan koperasi di lapangan. Selain itu, PPKL juga berperan sebagai Informator, Enumerator (pendataan koperasi), Motivator, Mentor (Pendamping) koperasi serta Mediator (Penghubung/Jembatan) koperasi dengan stakeholder. Berbagai jenis tugas yang diampu oleh PPKL menjadikan peningkatan SDM yang baik dan kontinyu sebagai kegiatan wajib.

Bagaimana caranya ?
Senin 21 Februari 2022, bertempat di Ballroom Hotel Brothers Sukoharjo, kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Koperasi Sebagai Aktivator Koperasi resmi dibuka. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh PPKL Provinsi Jawa Tengah (116 orang dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah) dan Tim Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah tersebut, dibuka oleh Bapak Bima Kartika, SH., MM. Dalam sambutannya Kepala Bidang Kelembagaan yang dalam hal ini mewakili Ibu Kepala Dinas, menyampaikan bahwa tantangan koperasi kedepannya terus bertambah, begitu pula kompleksitas permasalahan yang akan dihadapi oleh PPKl, maka dari itu PPKL Jawa Tengah harus terus meningkatkan kompetensi dan keterampilannya.

Bapak Dwi Silo Raharjo AP., M.Si selaku sub koordinator organisasi juga menekankan agar PPKL terus menjaga semangat dan konsistensi kinerja, untuk terus menjadi aktivator koperasi dan tetap bekerja sesuai dengan tupoksi PPKL.

Peningkatan Kapasitas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, senin-rabu, 21-23 Februari 2022 tersebut, diawali dengan evaluasi kegiatan tahun 2021. Berbagai permasalah yang hadir di lapangan dibahas secara tuntas dan terbuka. Selain itu, diskusi dan masukan dikumpulkan serta dirumuskan agar menjadi perbaikan di tahun-tahun mendatang