INDIGO Mempesona Mancanegara

Siapa sangka disebuah pojok pedesaan nan asri penuh tumbuhan hijau, bisa dijumpai seorang pengrajin batik pewarnaan alam dari tumbuhan indigofera.

Indigo Biru Baru nama usahanya. Sebuah usaha yang dirintis 8 tahun yang lalu dengan penuh pengorbanan yang luar biasa. Merasakan pahitnya merintis usaha yang penuh cobaan dan ujian, dengan adanya kejadian-kejadian bencana yang sama sekali tidak diharapkan sebelumnya. Kemudian bisa membalikkan keadaan 180' menjadi stabil dari segi keuangan, hingga naik kelas menjadi usaha yang berorientasi export.

Bahkan disaat pelaku usaha lain banyak yang berguguran akibat pandemi, Indigo Biru Baru sanggup bertahan dengan berbagai strateginya.

Awal usaha ini memang dari skala kecil dengan kondisi tidak semuanya modal sendiri, kini usahanya sudah naik kelas menjadi skala menengah dengan kondisi 100% modal sendiri.

Berbekal spirit sociopreneur, sang pelaku usaha mampu memberdayakan masyarakat sekitarnya agar bisa ikut berkontribusi sebagai pekerja kain batik, pekerja produk fashion jadi, maupun sebagai petani pensuplai bahan baku pewarnaan alam.

Produk unggulannya adalah Pewarnaan Biru Indigofera (dying industrie), yang harganya sangat bersahabat dengan kantong.

Pada saat kami berkunjung, Indigo Biru Baru sedang mendapat pesanan seragam dari Keraton Solo. Selain itu produk ini juga sudah export ke sejumlah negara di Benua Eropa. Produknya bisa juga diperoleh di rest area Salatiga, dan sejumlah kota di Indonesia yang menjadi distributornya. Tak hanya itu produknya telah menghantarkan Bapak Thayib yang merupakan alumni Pelatihan Manajemen Ekspor tahun 2021 yang diselenggarakan Balatkop UKM Jateng ini meraih juara 4 kontes Hyundai Start Up Challange 2020.

Kisahnya cukup dramatis untuk disimak, ingin tahu lebih lengkap kisah hijrahnya dan strategi fund risingnya?

Silahkan berkunjung, studi banding langsung ke workshopnya di Nogosasran Puron Bulu Surakarta.

Very recomended bagi pebisnis dengan skema SYARIAH, karena Fase Hijrahnya luar biasa, sangat menginspirasi.


#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#pendampingumkm
#umkmnaikkelas