SILATURAHMI JAWAKEREN JATENG (JARINGAN KOPERASI GULA JAWA DAN AREN JATENG)

Menarik nih, Silaturahmi apa ya?

Silaturahmi bukan sekedar silaturahmi biasa. Fasilitator dari Tim Perhimpunan Setara Purwokerto yang dipandu oleh Bapak Alfa Edison bersama Koperasi Gula di Jawa Tengah (24/2/2022) berkumpul di Aula Pertemuan Balai Desa Luwenglor Kecamatan Pituruh, Kab Purworejo melakukan rencana strategi bisnis dalam jangka panjang selama 5 tahun kedepan dengan harapan Jawa Tengah menjadi Center Point Produksi Gula Jawa dan Aren terbesar di Indonesia dan terbaik di dunia.

Lantas, langkah apa yang harus dilakukan pada waktu dekat ini?

Menjadi produsen gula terbesar dan terbaik di dunia tidaklah semudah membalikan tangan, perlu adanya dukungan dari beberapa stakeholder pemerintah terkait hal itu. Ditahun pertama ini fokus pada penguatan aspek budidaya jaringan antar Koperasi, pemasaran, dan tata niaga yang terus diperjuangkan. Dimulai dari lahan, penyediaan bibit, pemasaran, produksi, bahkan sertifikasi harus di dukung dan kerjasama oleh pemerintah dari Dinas Kehutanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi/Kabupaten/kota.

Sementara itu, dari Perhimpunan Setara yang diwakilkan oleh Bapak Alfa Edison menambahkan melalui silaturahmi ini nantinya akan terbangun kerja sama sehingga Koperasi Gula dan Aren di Jawa Tengah ini bisa terus berkembang dan meningkat dalam konteks pemasarannya, serta terbentuklah kesepakatan kerjasama jaringan, menyepakati program kerja tahun ini dan dengan harapan peningkatan produktivitas produk gula dan aren semakin lebih baik.