MESKI PANDEMI, KEWAJIBAN RAT KOPERASI TETAP DIJUNJUNG TINGGI

Ya, itulah yang sedang dilakukan oleh pengurus KSPPS BMT Dinar Rahmat Insani - Kabupaten Tegal, meski pandemi covid masih melanda, koperasi tetap harus amanah menjalankan kewajiban tahunannya, apa itu ?
Kewajiban tahunannya yaitu seperti apa yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dinar Rahmat Insani ini, yaitu kewajiban tetap melaksanakan RAT pada Sabtu (26/02/2022) di Gedung MWC NU Kec. Talang, Kabupaten Tegal.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, RAT T.B 2021 ini cukup berbeda, sesuai dengan arahan Pemerintah dan Dinas Koperasi setempat, pelaksanaan RAT hanya dihadiri 130 orang yang berasal dari unsur perwakilan anggota, pengurus, dan pengawas KSPPS Dinar Rahmat Insani.

Ketua pengurus KSPPS Dinar Rahmat Insani Bpk. Ridin dalam sambutannya mengutarakan bahwa, di tahun 2021 ini dengan adanya pandemi Covid19 tentu berdampak kepada pelaku usaha dan juga sektor perkoperasian, beliau juga menuturkan di tahun 2021 koperasi juga sedikit mengalami Anggota yang macet dalam melakukan angsuran, meskipun begitu koperasi tetap Optimis dengan memberikan sosialisasi kepada Anggotanya, beserta mengadakan pelatihan-pelatihan kepada Anggota Koperasi, seperti yang dilaksanakan sebelum acara RAT T.B 2021 dimulai, peserta diberi bimbingan teknis simulasi bagaimana pelaksanaan Perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga.

Menyikapi hal tersebut, pengurus berusaha dengan giat agar KSPPS Dinar Rahmat Insani bisa bertahan dan bisa mencukupi kebutuhan anggotanya baik kebutuhan pinjaman maupun pembiayaan, serta mampu menyejahterakan Anggotanya.

Selanjutnya, Bapak Riyan Fadilah selaku Staff Bidang Kelembagaan, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya, beliau
memberikan apresiasi kepada koperasi dengan berdasarkan hasil pemeringkatan koperasi, termasuk koperasi berkualitas.

Beliau juga berpesan, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah sedang mendorong koperasi menjadi korporasi yang bisa mendiversifikasi usahanya, sehingga koperasi bisa mengembangkan usahanya semakin luas.

Semoga KSPPS Dinar Rahmat Insani Semakin Eksis diseluruh penjuru Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Tegal