PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI WUJUD DEMOKRASI KOPERASI

Hari Sabtu (28/02/2021) bertempat di Jambu Klutuk Resort Temanggung, telah berlangsung rapat anggota tahunan (RAT) perdana KSP Umbul Sumber Amanah, dimana koperasi ini merupakan koperasi primer tingkat provinsi.

RAT yang dihadiri oleh delapan puluh anggota tersebut, dibuka dengan wejangan dari Ketua Pengurus KSP Umbul Sumber Amanah, Bapak Yudha Bagus Purniawan, yang menyampaikan bahwa meskipun KSP Umbul Sumber Amanah adalah Koperasi baru, tetap mampu melaksanakan kewajibannya untuk melaksanakan Rapat Anggota Tahunan dan mempertanggungjawabkannya kepada anggota. Meski baru berdiri bulan September 2021, kondisi Koperasi berjalan dan berkembang dengan baik, sejalan dengan partisipasi anggota yang terus meningkat.

Antusiasme anggota KSP Umbul Sumber Amanah dalam RAT nampak jelas dengan banyaknya saran dan masukan yang disampaikan.

Sdr. Aan Fitraniawan yang hadir mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutannya menegaskan bahwa RAT merupakan forum wajib sebagai pemegang kekuasan tertinggi dalam pengambilan keputusan di koperasi. Dalam forum ini disampaikan pertanggungjawaban Pengurus-Pengawas, serta disahkannya rencana kerja tahun yang akan datang.

Selain itu, dalam RAT juga disampaikan perkembangan kondisi serta masalah-masalah terkait Koperasi. Hal ini dimaksudkan agar anggota mengerti, memahami dan memberi masukan atas permasalahan-permasalahan tersebut.

Harapannya, dengan telah dilaksanakannnya RAT oleh KSP Umbul Sumber Amanah dapat juga menjadikan forum bagi anggotanya untuk menyampaikan aspirasi dan pandangan mengenai kebijakan pengembangan Koperasi dan atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi Koperasi.

Sdr. Aan Fitraniawan juga mengajak seluruh anggota untuk lebih tertib melaksanakan hak dan kewajibannya, lebih aktif berkomitmen, sebagai anggota yang baik, serta lebih banyak berkontribusi untuk tumbuh kembangnya Koperasi. Sehingga, akan terbentuk sinergitas visi dan misi koperasi untuk kebaikan seluruh anggota demi terwujudunya kesejahteraan melalui berkoperasi.

Peningkatan kualitas partisipasi anggota menempati posisi yang penting, khususnya bagi Koperasi baru, sebagai upaya pengembangan Koperasi melalui gotong royong dan demokrasi ekonomi Koperasi.