SEMAKIN TUA SEMAKIN KOKOH

SEMAKIN TUA SEMAKIN KOKOH
Lo kok bisa? Bagaimana cara nya
Menjadi contoh pengelolaan Badan Usaha Koperasi yang telah 68 Tahun masih tegak berdiri kokoh dalam menopang ekonomi anggota dan masyarakat sekitarnya. Pusat Koperasi Waris Surakarta menyelenggarakan RAT sebagai forum tertinggi kedaulatan dalam berkoperasi. Bertempat di Gedung Graha Waris Sejahtera Surakarta, Sabtu 26 Pebruari 2022, RAT dilaksanakan secara langsung dengan Prokes dan dihadiri oleh 8 Koperasi Primer anggotanya.

Keunikan tersendiri pada Pusat Koperasi Waris ini tentunya adalah para pengurus dan pengelolanya sudah terbilang tidak muda lagi, sudah senior seluruhnya, Ini mencerminkan generasi tua pun masih siap bersaing dengan anak-anak milineial di jaman milenial saat ini.

Mengandalkan usaha dibidang Jasa Persewaan Gedung Pertemuan, Agen Distribusi LPG, Agen Distribusi Aqua, serta usaha jasa dan perdagangan lainnya, menjadikan Pusat Koperasi Waris sebagai salah satu pemain usaha bidang tersebut yang cukup disegani di daerah Solo Raya. Terlebih lagi dengan nama yang melegenda di masyarakat Solo Raya dan telah lama melayani kebutuhan anggota dan masyarakat.

Dwi Silo Raharjo, dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, sebagai pembina Koperasi Jawa Tengah, memberikan apresiasi atas konsistensi yang dijalankan Pusat Koperasi Waris Surakarta dalam memenuhi segala aspek tertib kelembagaan dan operasinal Badan Usaha Koperasi. Selanjutnya tantangan yang diberikan kepada pengelola adalah (1) bagaimana regenerasi dapat disiapkan sejak dini, dengan meletakan Pendidikan Anggota sebagai bagian siklus utuh keberlanjutan perkoperasian. (2) Pemanfaatan IT juga merupakan bagian penting dalam menjalankan usaha pada sektor jasa atau perdagangan, terlebih lagi banyak akses informasi yang harus diakses melalui berbagai kanal sistem informasi, termasuk juga bagaimana bisa menjadi mengambil peran dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah yang telah disedialkan kuotanya 40% bagi pelaku Koperasi dan UKM. (3) mendorong untuk lebih memodernisasi pegelolaan koperasi, boleh saja pengelolanya usianya sudah tidak muda lagi, namun semangat persaingan usaha tetap full power, sinergi dengan menerapkan creativity, critical thinking, communication, dan collaboration guna mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh dan berdaya saing.


Bagaimana dengan strategi usaha Koperasi kamu ?
ayo maju terus Koperasi