Berawal dari Hobi menjadi Ladang Rezeki

Berawal dari Hobi menjadi Ladang Rezeki
Yuli Muhawati merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi dibidang kerajinan tangan. Kemudian ibu Yuli memiliki keinginan untuk mengikuti kursus handycraft dan penganyaman.

Awal mula usaha yang dijalankan oleh ibu Yuli adalah menghias kerudung dengan memberikan sentuhan hiasan – hiasan kecil supaya kerudung tidak terlihat polos, kemudian merambah pada tas serat alam yang awalannya juga sama hanya memberikan hiasan – hiasan saja. Namun sekarang usahanya sudah semakin berkembang bahkan sekarang pembuatan tas sudah diproduksi sendiri dari bahan baku, pembuatan tas hingga penghiasan tas.

Tas yang dibuat berbahan baku bahan alami diantaranya terbuat dari pelepah pisang, eceng gondok, serat nanas dan daun pandan yang dipadu padankan dengan kreasi bahan batik, goni bahkan karung sak semen.

Untuk menghias produknya ibu Yuli juga berkolaborasi dengan pelukis maupun pengrajin yang lainnya dengan harapan kedepannya bisa ikut mengangkat nama dari para pengrajin.

Ibu Yuli juga tidak menyangka jika produk kerajinan tangan yang dia buat bisa diterima oleh masyarakat banyak. Setelah itu ibu Yuli baru mengikuti pelatihan manajemen ekspor yang diadakan oleh Balatkop dengan harapan produk yang dihasilkan nantinya bisa dipasarkan hingga mancanegara.
Ibu Yuli merasa terbantu dengan adanya pelatihan manajemen ekspor karena dengan mengikuti pelatihan bisa menambah ilmu dan mengetahui prosedur serta ketentuan apa saja yang harus dipenuhi supaya produknya bisa dipasarkan keluar negeri. Buat kalian yang suka dengan tas unik yang terbuat dari bahan alami yuk bisa langsung kepoin instagramnya @mlatiwangi

#pelatihanbalatkop
#pendampingKUMKM2022
#pelatihanumkm
#ukmnaikkelas