MEMBERDAYAKAN POTENSI LOKAL

Kab. Pemalang identik dengan nanas, begitu pula Desa Pegundan, Kab. Pemalang yang identik dengan Jahe Merah. Kedua jenis sumber daya lokal ini sangat berlimpah di Pemalang sehingga perlu adanya edukasi kepada masyarakat lokal akan inovasi produk dari olahan nanas dan jahe merah agar produk yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis tinggi.

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng melalui Balatkop UKM Prov Jateng menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif Bidang Olahan Nanas dan Jahe Merah di Desa Pegundan Kab. Pemalang selama 5 hari mulai tanggal 7 s/d 11 Maret 2022.
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ibu Santi Rosalia Mansyur Hidayat selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pemalang (Istri Wakil Bupati Kab. Pemalang) didampingi oleh Sub Koordinator Penyelenggara Bp. Yusa Bramidha, S.STP, Kabid Koperasi dan UMKM Diskoperindag Kab. Pemalang Bp. Rudi Kurnia Setiawan, SE, M.S.E, Ketua IPEMI Jateng Ibu Mieke, S.Sos dan Kades Pegundan.
Dalam sambutannya, Ibu Santi berpesan agar semua peserta dapat memanfaatkan fasilitas pelatihan yang diberikan oleh Balatkop secara maksimal dengan tujuan dapat menggerakan ekonomi warga sekitar dan pelatihan ini dapat memberikan maslahat kepada masyarakat Desa Pegundan dan Kab. Pemalang pada umumnya.

Pak Yusa juga menambahkan, peserta disini tidak hanya sekedar diajarkan cara mengolah menjadi produk jadi, peserta juga diajarkan cara memasarkan baik secara online maupun offline. Dengan begitu produk yang dihasilkan bisa menjadi oleh-oleh khas daerah setempat. Dan jangan lupa tetap terus berinovasi dan berkolaborasi agar potensi lokal bisa go international.

#balatkopukm
#pelatihanvokasional
#provjateng
#jatenggayeng