KOPERASI DAPAT MODAL DARI LUAR? KENAPA TIDAK?

Masih ingat prinsip koperasi ke-5 yaitu Kemandirian? Salah satu poin penting dalam prinsip kemandirian adalah mandiri dalam permodalan. Lalu bolehkah koperasi mendapatkan modal dari pihak lain? Tentu saja boleh. Jika itu bisa mendorong koperasi untuk tumbuh dan berkembang mengapa tidak dimanfaatkan?

Kamis, 10 Maret 2022 Kabid Koperasi UKM dan Penyuluh Koperasi Kabupaten Temanggung mendapat kunjungan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah bertempat di Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Temanggung. Kunjungan ini dalam rangka monitoring program Subsidi Bunga/Bagi Hasil dan Imbal Jasa Penjaminan bagi Koperasi yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah.

Program Subsidi Bunga/Bagi Hasil dan Imbal Jasa Penjaminan ini merupakan program pinjaman bagi Koperasi di Jawa Tengah yang memberikan bantuan subsidi bunga bagi koperasi. Plafond pinjaman yang ditawarkan mencapai 1M. Dari 10% bunga pinjaman, koperasi hanya membayarkan 4%, sedangkan 6% nya disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah.

Program ini sudah berjalan dari tahun 2021. Di tahun 2022 koperasi yang berminat mengajukan pinjaman melalui program ini dapat berkonsultasi dengan Dinas Koperasi setempat.

Sebagai tindak lanjut pertemuan hari ini, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah berencana mengadakan sosialisasi bagi koperasi di Karisidenan Kedu dengan Kabupaten Temanggung sebagai tuan rumahnya. Harapannya banyak koperasi yang mengakses dan memanfaatkan program ini dengan maksimal.