USAHANE LEGAL, PRODUKE TERKENAL

Purwokerto, 15 Maret 2022
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah mengadakan acara JUGURAN (Jagongan Usaha Golet Ilmu lan Seduluran), Acara ini merupakan temusolusi bagi para pelaku usaha dengan para narasumber yang kompeten di bidangnya. Tema Juguran kali ini adalah Usahane Legal , Produke Terkenal.

Saat ini, Legalitas usaha menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro,kecil untuk menjadi lebih berkembang, dan dapat diterima konsumen. Namun demikian, tidak sedikit pelaku usaha belum memahami jenis perizinan usaha yang dibutuhkan untuk usahanya.

Bertempat di PLUT KUMKM Jateng dan diikuti oleh 50 UMKM yang berasal dari Purbalingga, Banjarnegara dan Banyumas membahas mengenai pentingnya legalitas untuk mengakses pemasaran. Kegiatan JUGURAN ini menghadirkan empat narasumber yaitu dari Fakultas Pertanian UNSOED mengenai Pemanfaatan Teknologi Pangan Tepat Guna bagi UMKM yang dihadiri oleh Ibu Isti Handayani, ST, MT., Disperindag Kabupaten Banyumas yang dihadiri oleh Ibu Endang SH.,M.Hum selaku Kabid Perindustrian mengenai fasilitasi akses kemitraan pasar. CV Ulamqu oleh Ibu Rina mengenai proses pembuatan PIRT melalui OSS serta dari KPP Pratama Purwokerto mengenai sosialisasi pentingnya NPWP bagi UMKM.

Endang Puji Untari, SH.,M.Hum menyampaikan bahwa "Jika UMKM sudah punya legaltas akan lebih mudah mengakses, program-program pemerintah, pembiayaan, pemasaran local nasional bahkan bisa pasar internasional,"

Peserta berharap besar kegiatan ini merupakan bekal untuk melangkah dalam mengembangkan usahanya, tentunya didukung oleh pemerintah ataupun stakeholder terkait dan juga pendampingan yang dilakukan oleh PLUT KUMKM Jateng secara berkelanjutan.