SAATNYA SEKARANG KOPERASI BERKORPORASI

Eitsss simak dulu, bikin penasaran nih berkoporasi seperti apa itu ya?
Selasa (15/3/2022) di Hotel Brothers Solo Baru, Kab. Sukoharjo dalam acara Bimtek Penataan Manajemen Usaha Koperasi selama 3 hari (15 - 17 Maret 2022) tidak melunturkan semangat Koperasi dari Komoditas Kopinkra dan Holtikultura untuk menimba ilmu pengetahuan demi pengembangan usahanya dan tidak kalah menarik tentunya.

Sambutan sekaligus pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Bima Kartika, SH, MM selaku Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng menyampaikan beberapa poin diantaranya Koperasi harus mengembangkan model bisnisnya untuk meningkatkan nilai jual yang tinggi, pengembangan factory sharing dengan berbagai kemitraan seperti membentuk rumah produksi bersama untuk mencapai kualitas produk yang terbaik dan tentunya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Selain itu, Bapak Bima Kartika memberikan semangat dan berpesan kepada Koperasi komoditas Kopinkra dan Holtikultura untuk lebih berkreativitas tanpa batas, berakselerasi lebih cepat terhadap peluang-peluang di depan.

Lantas apa kaitannya Korporasi dengan Koperasi ?

Dua istilah Korporasi dan Koperasi memang harus sejalan karena hakekatnya Koperasi itu sesungguhnya sebuah Entitas Bisnis yang harus menjalankan fungsi dari Korporasi, karena selama ini Koperasi lebih dipahami sebagai Lembaga Ekonomi Kerakyatan yang belum berorientasi bisnis, kedepan pandangan atau mindset seperti itu harus berubah bahwa Koperasi harus memainkan peran sebagai sebuah Korporasi dan Koperasi memiliki potensi besar untuk mencapainya. Profit yang dihasilkan dari korporasi menjadi pendukung kemajuan koperasi. Selanjutnya, kemajuan koperasi menjadi parameter kesejahteraan anggotanya dan tak kalah penting harus bisa menyesuaikan dinamika jaman millenial saat ini untuk membentuk produk yang kreatif, inovatif dan solutif bagi masyarakat tentunya.

Maka strategi pemberdayaan yang tepat untuk langkah awal saat ini dan dapat dikembangkan koperasi adalah perlunya visi misi untuk kemajuan koperasi, penyusunan rencana strategi bisnis, program kerja yang mendukung visi misinya, peningkatan kemampuan anggota koperasi dalam mengembangkan 3K (Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas) serta terus mengasah kemampuan SDM Koperasi agar selalu siap menghadapi pasar global.

Dengan diawalinya Bimbingan Teknis Penataan Usaha ini diharapkan membawa dampak yang besar bagi Koperasi Komoditas Kopinkra dan Komoditas Holtikultura serta Komoditas Koperasi lainnya juga untuk terus berpikir kreatif, inovatif, dan produktif terus meningkat dan saling berkolaborasi antar jaringan koperasi serta terus berusaha menjadi produk koperasi yang Top Of Mind di seluruh kalangan masyarakat dan berani bersaing di dalam negeri maupun luar negeri.