CARA PINTAR JUALAN DI LINGKUP PEMERINTAHAN

Sukoharjo (16/3/2022),  Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Juguran (Jagongan Golet Ilmu lan Seduluran), dengan tema Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran PBJ Pemkab Sukoharjo.

Seperti yang kita tahu, bahwa menurut Perpres 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa, 40% dari anggaran pemerintah harus dibelanjakan ke produk UMKM. Jadi, para pelaku usaha bisa membangun pasar di lingkup pemerintah. Mulai dari dinas, sekolah, rumah sakit, kecamatan, kelurahan dan seluruh pengguna anggaran pemerintah lainnya.

Dihadirkan narasumber dari Bagian PBJ, Setda Sukoharjo, Bapak Ibnu. Beliau menyampaikan secara detail tahapan proses / prosedur agar UMKM mempunyai gambaran pendaftaran di LPSE.

Peserta juga mendapat kesempatan untuk mendengar success story dari pengusaha Roti Boy's, dimana produknya sudah dikenal luas dan menjadi partner dinas dan pemerintah.

Selain itu, PLUT Sukoharjo hadir untuk memberikan pendampingan kepada UMKM untuk membuat akun di LPSE serta fasilitasi pembuatan NIB dan NPWP.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan kepada UMKM untuk lebih percaya diri membuka pasar di lingkup pemerintah.