Ketika Koperasi Rindu Partisipasi Anggota

Rindu apa nih?
Rindu itu berat lhoooooo
Eitttssss .. rindu ini anggota terhadap Koperasi.

Seperti halnya, pada hari Senin (14/03/2022), bertempat di Room Cattlya, Hotel Trio Kota Magelang, telah berlangsung Peningkatan Manajemen Partisipasi Anggota Koperasi, kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 (tiga puluh) koperasi tingkat provinsi.

Kegiatan Bintek dibuka oleh Bapak Bima Kartika, SH.,MM (Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah), beliau menekankan mengenai partisipasi anggota, tujuh prinsip koperasi, serta pentingnya partisipasi anggota. " Kami berharap dengan adanya bintek ini ,Koperasi bisa melakukan pemahaman yang positif terhadap anggota agar termotivasi untuk meningkatkan partisipasinya dalam berbagai kegiatan yang dijalankan koperasi.

Selain itu, beliau menambahkan mengenai korporasi dan koperasi harus sejalan karena hakekatnya Koperasi adalah sebuah entitas bisnis yang harus menjalankan fungsi korporasi, jadi tidak hanya sebagai lembaga ekonomi kerakyatan saja tetapi harus merubah mindset bahwa koperasi harus berbenah dan meningkat untuk berperan sebagai sebuah korporasi entitas bisnis.

Selanjutnya, Nova Widjayanto dan Tri Suryadi selaku pemateri pada hari pertama (14/3), kembali mengulas mengenai Filosofi, Jatidiri dan prinsip-prinsip berkoperasi.

Lalu gimana bintek partisipasi anggota itu dilaksanakan?

Bintek yang berlangsung selama dua hari tersebut (14-15/03/2022), Dalam pelaksanaanya, Nova Widjayanto dan Tri Suryadi membagi peserta Bintek menjadi lima kelompok, peserta diminta berdiskusi untuk menentukan kasus yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip serta jati diri koperasi. Di akhir sesi pertama, tiap kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan memberikan tanggapan terhadap paparan kelompok lain. Sementara sesi kedua, berisi ulasan mengenai pertanggungjawaban pengurus dan pengawas.

Materi hari kedua di isi oleh Bapak Tego dan Pak Heri membahas mengenai Dinamika dalam berkoperasi dan Demokratisasi dalam pelaksanaan Rapat Anggota. Jadi, Seluruh peserta Bintek turut berpartisipasi dalam simulasi partisipasi anggota terhadap koperasi, ada yang berperan sebagai pengurus, pengawas, serta anggota, dan calon anggota Koperasi.

Simulasi ini berlangsung meriah, karena peserta aktif bertanya, serta adanya evaluasi di akhir sesi yang menandakan bahwa peserta Bintek memahami jati diri koperasi, prinsip koperasi, tanggungjawab pengurus dan pengawas, serta pelakasanaan partisipasi anggota Koperasi sesuai pedoman yang berlaku.