PROSES PAD YANG MELELAHKAN

Berdasarkan Permenkop no 9 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan dan Pembinaan Koperasi, pasal 19 ayat 2 : "Perubahan Anggaran Dasar menyangkut perubahan bidang usaha, penggabungan, peleburan dan pembagian wajib mendapat pengesahan dari Menteri" dan pasal 20 ayat 3 "perubahan pola pelayanan usaha simpan pinjam dari pola konvensional menjadi usaha simpan pinjam pembiayaan syariah termasuk perubahan bidang usaha", maka KSU Sakinah melakukan Perubahan Anggaran Dasar menjadi KSPPS Sakinah Mulia Madani.

Akan tetapi proses yang dilalui ternyata tidak mudah. Proses di Notaris Pembuatan Akta Koperasi (NPAK) mengalami kekeliruan wilayah binaan koperasi menjadi koperasi tingkat provinsi Jawa Tengah, padahal seharusnya tingkat Kabupaten Jepara. Butuh waktu 1 tahun sampai akhirnya semua proses bisa dilalui.

Awal Maret 2022 Akta PAD pun didapat koperasi. Koperasi melakukan langkah berikutnya yaitu update data ODS untuk bisa mendapatkan sertifikat NIK. Kamis 17 Maret 2022 PPKL pembinaan ke koperasi kaitan pengurusan izin operasional simpan pinjam melalui OSS dan penyampaian sertifikat NIK koperasi.

Diharapkan koperasi bisa segera melengkapi persyaratan pengajuan izin operasional simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Sehingga menambah kepercayaan Anggita kepada koperasi dan koperasi bisa memberikan pelayanan kepada anggota secara maximal.

#penyuluhkoperasi
#ppkljepara
#ppkljatengmakaryo
#ppklkemenkopukmri