Setelah RAT WAJIB Kita laksanakan pemeriksaan kesehatan KSP

Banyak orang menganggap bahwa “sehat” dan “sakit” hanya dialami oleh makhluk hidup. Namun tahukah Anda bahwa koperasi pun bisa merasakan hal tersebut?
Ya. Koperasi yang menjalankan kegiatan usaha simpan pinjam dengan menghimpun dan menyalurkan dana dari dan untuk anggota, calon anggota, ataupun koperasi lain, wajib mengelola usahanya secara profesional dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, sehingga koperasi senantiasan dalam keadaan “sehat” sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan memberi manfaat kepada anggota dan masyarakat.
Lantas, bagaimana agar kita tahu bahwa koperasi yang ada di sekeliling kita itu sehat?
Untuk mengukurnya, perlu dilakukan Penilaian Kesehatan Koperasi. Penilaian Kesehatan Koperasi merupakan penilaian untuk mengukur tingkat kesehatan Koperasi yang menjalankan kegiatan usaha simpan Pinjam, baik konvensional maupun Syariah. Adapun kesehatan KSP/USP Koperasi dan KSPPS/USPPS Koperasi adalah kondisi atau keadaan koperasi yang dinyatakan sehat, cukup sehat, dalam pengawasan dan dalam pengawasan khusus.

Selain kita laksanakan penilaian kesehatan pada tanggal 18 Maret 2022 bertepat di KSP Sepakat Makmur dan Manunggal Makmur kita laksanakan juga pengawasan koperasi. Apa itu pengawasan koperasi, kegiatan yang dilakukan oleh pejabat yang membidangi Koperasi untuk mengawasi dan memeriksa Koperasi agar kegiatan diselenggarakan dengan baik sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan.

Pengawasan Koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pengelola Koperasi dalam mewujudkan kondisi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Disamping tujuan tersebut, tujuan dari segi pemeriksaan Koperasi adalah untuk memperoleh data dan/atau keterangan lainnya dalam rangka mengetahui kesesuaian praktik-praktik Pengelolaan Usaha Koperasi dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan. Serta untuk memberikan rekomendasai tindak lanjut terkait pembinaan dan/atau pengenaan sanksi.