RAT KOP. KONSUMEN ALHASAN SEJAHTERA ABADI

Koperasi Konsumen Al Hasan Sejahtera Abadi (ASA) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2022 ke-IV sejak Badan Hukum diterbitkan pada 2018.

Kegiatan RAT ke-IV Koperasi Konsumem Al Hasan Sejahtera Abadi ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Yayasan Islam Hasan Kafrawi Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Acara yang digelar setengah hari ini berlangsung dari pagi hingga sore dengan beberapa konten acara seperti pembukaan, sambutan para tokoh dan khususnya sidang pleno yang membahas tentang Tatib RAT dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus dan pengawas koperasi Tutup Tahun Buku 2021.

Badrudin selaku Ketua Koperasi Konsumem Al Hasan Sejahtera Abadi, di mana koperasi ini adalah bagian unit usaha milik yayasan. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Koperasi ASA sudah memiliki 138 anggota yang terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan Islam Hasan Kafrawi. “Alhamdulillah, empat tahun usia belia ini, koperasi ASA telah mampu mewujudkan salah satu visi koperasi yakni memberi manfaat bagi para anggota koperasi dengan melakukan pinjaman dan menjadi penyedia sembako untuk anggota” terang Badrudin.

Beliau juga menyampaikan bahwa di tahun keempat ini, atas kerja keras tim dan seluruh dukungan dari anggota koperasi yang saat ini yang telah bergabung, koperasi ASA telah mampu mendirikan dua unit usaha koperasi.

Yang pertama adalah ASA Waserda sebagai unit usaha yang melayani kebutuhan pokok anggota dan masyarakat seperti beras, minyak goreng, kebutuhan mandi, dan jenis sembako lainnnya. Ditahun ini pola marketing ASA Waserda berencana tidak secara pasif menunggu pelanggan datang ke toko, namun ada tim khusus yang juga mengantarkan paket pembelian ke tiap-tiap rumah pelanggan yang sudah jadi pelanggan bulanan.

Harga kompetitif dan pelayanan yang ramah, ASA Waserda memberikan pelayanan yang maksimal terhadap anggota maupun masyarakat dengan terus melakukan upgrading khususnya dengan menyediakan barang yang dibutuhkan banyak orang dengan harga yang terjangkau.

Unit usaha koperasi ASA yang kedua adalah Unit Simpan Pinjam, Unit inilah yang menjadi salah satu unit yang manfaatnya sangat dirasakan oleh seluruh anggota khususnya mereka yang telah atau pernah menggunakan fasilitas pinjaman untuk usaha dari ASA ini.

Harapan unit Simpan Pinjam ASA ini meliputi pemberian pinjaman atau stimulus permodalan bagi para anggota sehingga mereka tidak terlilit utang dari pihak lain.

Adapun delegasi dari Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara adalah Siswanto PPKL Kabupaten Jepara. Kegiatan RAT ini berjalan lancar dengan dihadiri 110 anggota dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Sedangkan hasil Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas diterima semua anggota.