IMPROVING SERVICES TO ENHANCE BENEFITS

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nurul Barokah yang beralamat di jalan Simo-Bangak Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali merupakan salah satu Koperasi Primer tingkat Provinsi yang terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM). Ini terlihat dari tema Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2021 pada hari Sabtu, 19 Maret 2022 bertempat di Aula Kantor KSPPS Nurul Barokah.
Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Bapak Luqman Arifin, Kabid Koperasi Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kab. Boyolali, Jajaran Pengurus, Pengawas, pengelola, serta Perwakilan Anggota.
Ketua Pengurus KSPPS Nurul Barokah, H. Sangidun, menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak. Beliau menyampaikan bahwa RAT kali ini dilaksanakan melalui mekanisme tertulis dan langsung dengan perwakilan. Dari hasil tanggapan yang masuk ada sekitar 60 tanggapan yang berbeda. Tanggapan-tanggapan inilah yang bisa dijadikan masukan bagi Koperasi. Diantaranya masukan untuk terus meningkatkan pelayanan bagi anggotanya. Selain itu juga sebagai lembaga yang berpola syariah untuk terus update tentang pengeloan yang syar’i sesuai petunjuk DSN MUI.
Tanggapan yang masuk inilah yang sesuai dengan tema RAT yaitu improving services to enhance benefits dengan tujuan peningkatan pelayanan yang secara langsung akan memberikan manfaat – manfaat bagi anggotanya.

Patut dicontoh kan…!!!

Mencermati laporan yang disampaikan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Bapak Luqman mengapresiasi pelaksanaan RAT dan peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja bisa dilihat dari peningkatan asset dari 37,9 milyar pada tahun 2020 menjadi 43,5 milyar pada tahun 2021, modal sendiri dari 2,3 milyar menjadi 2,4 milyar dan SHU dari 187 juta menjadi 203 juta. Namun beliau juga berpesan bahwa SHU bukan satu-satunya sebagai tolak ukur keberhasilan tetapi kebermanfaatan pada anggotalah yang menjadi tolak ukurnya.
Selain itu juga beliau juga menyampaikan agar modal sendiri terus ditingkatkan. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi rush money. Selanjutnya point yang disampaikan agar Koperasi selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk mendukung kinerja Koperasi.
Setelah acara pembukaan kemudian RAT dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban Pengurus dan pengawas Koperasi
Nah keren kan Koperasi kalau bisa memberikan kebermanfaatan bagi anggotanya, Koperasimun???