Pentingnya Pendidikan Koperasi Bagi Gen Z

Dalam pembukaan UUD 1945 ekonomi di indonesia dibentuk atas asas kekeluargaan, dan hanya koperasi yang punya asas tersebut. Namun sayangnya pendidikan tentang koperasi saat ini mulai dilupakan, mulai dari SD sampai perguruan tinggi, hanya ada beberapa perguruan tinggi saja yang masih memberikan materi perkoperasian sehingga tingkat pemahaman perkoperasian menjadi rendah bahkan bayak orang tidak paham akan ruh koperasi dan bagaimana pengelolaannya.

Guna meningkatkan pemahaman asas dan prisnsip perkoperasian, serta meningkatkan kompetensi bagi koperasi khususnya kasir, Balai Pelatihan Koperasi UKM Jateng menyelenggarakan pelatihan Perkoperasian Dasar Level 1 angkatan 3 dan Kompetensi bagi Koperasi (Kasir KSP / USP) selama 4 hari dari tanggal 22 s/d 25 Maret 2022 yang diikuti oleh 50 peserta dari Koperasi di Jawa Tengah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Diskop UKM Jateng Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum didampingi oleh Kepala Balatkop UKM Bp. Hatta H. Yunus, S.STP, M.Si beserta narasumber dari Kopkun Institute M. Arsad Dalimunte dan Widyaiswara Ir. Wahyu Istiyanti, MM.

Dalam sambutannya Bu Ema mengajak peserta untuk memahami dulu asas dan prinsip koperasi karena akan mempengaruhi perilaku dalam pengelolaan koperasi sehingga dalam menjalankan usahanya masih dalam koridor yang benar dan sesuai dengan asas dan prinsip koperasi. Pendidikan anggota juga menjadi sangat penting sehingga anggota paham mengenai asas dan prinsip koperasi serta mampu secara suka rela mengembangkan koperasinya.

Kopma sebagai salah satu embrio regenerasi koperasi diharapkan mampu melahirkan insan koperasi yang berkompoten dan mampu melahirkan koperasi milineal sesuai dengan perkembangan zaman namun tetap teguh dengan asas dan prinsip koperasi sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang. Apalagi saat ini pemerintah memiliki kebijakan pengadaan barang dan jasa dialokasikan sebesar 40 % untuk Koperasi dan UMKM sehingga peluang ini harus ditangkap dengan baik sehingga koperasi mampu bersaing, berkembang, dan memberikan kesejahteraan bagi anggotanya.

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#koperasijaya
#koperasimillenial
#digitalisasikoperasi
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik
#ZonaIntegritas