Sosialisasi Sertifikasi Halal dan Pengembangan UMKM

Pendampingan bagi UMKM Solo raya dalam mempersiapkan diri mengikuti sertifikasi halal BPJPH telah terselenggara hari ini Kamis, 24 Maret 2022 di Gedung Hetero Space Solo. Acara terselenggara dengan adanya kolaborasi Paguyuban UMKM Solo raya, Hetero Space Solo, LPH Walisongo, Penyuluh Kemenag dan Pendamping UMKM Balatkop UKM Jateng.

Antusiasme para UMKM peserta pendampingan luar biasa, terpantau peserta mampu bertahan berjam-jam untuk praktek langsung belajar mempersiapkan dokumen yang akan digunakan dalam persyaratan mengikuti sertifikasi halal baik itu melalui jalur self declaire maupun reguler.

Pertanyaan demi pertanyaan terus berlangsung karena antusiasme peserta dalam menyesuaikan kebutuhan produknya dengan form yang sudah disediakan oleh panitia.

Sebagaimana diketahui bahwa sertifikasi halal sekarang sudah menjadi kebutuhan para produsen sejak diterbitkannya peraturan terbaru UU No. 11/2020 dan PP 7/2021. Adanya perubahan kebijakan terkait wewenang penyelenggara yang berhubungan dengan tahapan proses sertifikasi halal perlu disosialisasikan agar para pelaku UMKM lebih paham dalam mempersiapkan dan menjalani proses sertifikasi halal.

Alur yang terbaru adalah
1.Pelaku usaha mengajukan permohonan ke BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)
2.BPJPH memeriksa dokumen dan menetapkan LPH (Lembaga Pemeriksa Halal)
3.LPH memeriksa dan atau menguji pelaku usaha yang hasilnya diserahkan ke MUI (Majelis Ulama Indonesia)
4.MUI menyelenggarakan sidang fatwa.
5.BPJPH menerbitkan Sertifikasi Halal.

Estimasi total proses sertifikasi bisa mencapai 21 hari.

Produk makanan anda apakah sudah disertifikasi halal...?

Yukk...segera halalkan.

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampingkukmjateng
#umkmnaikkelas
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik
#ZonaIntegritas