BUKAN HANYA TUBUH MANUSIA, KOPERASI PUN MEMERLUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN ?

Boyolali, 28 Maret 2022 - Pemeriksaan kesehatan koperasi adalah serangkaian kegiatan mengumpulkan, memverifikasi, mengolah, dan menganalisis data dan/atau keterangan lain yang dilakukan oleh Pengawas Koperasi untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam rangka menetapkan tingkat kesehatan Koperasi dan penerapan sanksi.
Pada hari ini kegiatan pemeriksaan dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melalui bidang pengawasan terhadap KSU BMT Ar Rahmah yang berkedudukan di Jl. Raya Karanggede - Sruwen Km. 01 Kerep, Tegalsari, Kabupaten Boyolali.
Pemeriksaan kesehatan koperasi dilakukan dengan menggunakan KKPKK (Kertas Kerja Pemeriksaan Kesehatan Koperasi) yang meliputi 4 aspek yakni tata kelola, profil risiko, kinerja keuangan, dan permodalan.
KSU BMT Ar Rahmah telah melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) pada hari Minggu, 13 Februari 2022 sehingga data yang diperlukan untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan koperasi sebagian sudah dapat dipenuhi.
Lalu informasi yang didapat dari pengurus serta berkas/dokumen yang diperlukan saat kegiatan berlangsung juga cukup tersaji sehingga kebutuhan data dukung bagi KKPKK mampu terpenuhi.
Kegiatan pemeriksaan kesehatan koperasi berjalan dengan lancar dan pihak koperasi pun cukup kooperatif saat kegiatan berlangsung sehingga semua proses bisa terlewati dengan baik.