Menata Kehidupan Koperasi Melalui SOM SOP Koperasi

Upss.. kehidupan Koperasi ya Gaiss.. Kehidupan Rumah Tangga Kita Nanti Ajaa ????.. Senin (28/03/2022) bertempat di Hotel Dafam Kota Pekalongan, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pendidikan kepada Gerakan Koperasi di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Bima Kartika, SH., MM. selaku Kepala Bidang Kelembagaan, Dinas Koperasi UKM Prov. Jateng dan Peserta Gerakan Koperasi se-Jawa Tengah.

Pada sambutan pembukaannya Bapak Bima Kartika, SH., MM. mengapresiasi kepada perwakilan gerakan koperasi yang semangat belajar untuk mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Manajemen Kelembagaan dan Usaha Koperasi, dengan Sub Tema SOM SOP Koperasi.

Selain itu beliau juga menyampaikan mengenai Sistem Operasional Manajemen (SOM) dan Sistem Operasional Prosedur (SOP). SOM dapat mengendalikan pemanfaatan sumber sumber daya yang dimiliki koperasi, sedangkan SOP adalah penuntun dan arah/prosedur dalam gerakan dan aktifitas dalam pemanfaatan sumber daya yang ada pada koperasi. Kelemahan Perkoperasian di Indonesian pada umumnya dan di Jawa Tengah khususnya adalah masih kurangnya pemanfaatan SOM dan SOP sehingga banyak koperasi yang di bangun namun tidak mampu untuk berkompetisi dengan usaha lainnya.
Ini mejadi hal yang sangat penting dalam pencapaian keberhasilan usaha koperasi. Dalam hal ini kedudukan Pengurus harus mampu melakukan dokumentasi yang baik untuk mengatur proses manajerial didalam koperasi, akan dipelajari didalam SOM.

Lalu untuk mengatur proses jalannya kegiatan di dalam Koperasi yang berkaitan dengan prosedur-prosedur atau tata cara seperti Pelayanan kepada anggota, CSR kepada anggota, dan Bentuk kerjasama koperasi dengan pihak luar maupun kegiatan operasional nanti akan diatur seluruhnya di dalam SOP.

Selamat Belajar Bagi Peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Manajemen Kelembagaan dan Usaha Koperasi, dengan Sub Tema SOM SOP Koperasi Semoga dengan adanya kegiatan dapat membantu koperasi untuk semakin berkembang, kuat, dan tangguh.