Tak Mudah, Butuh Kesabaran, Ketelitian dan Ketelatenan

Kab. Magelang (14/03) Kesabaran, ketelitian dan ketelatenan menjadi kunci dalam membuat suatu produk, apalagi untuk produk rajut. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang mampu membuat rajut karena memang dibutuhkan keahlian, kesabaran dan ketelatenan. Namun, dengan keahlian apalagi sejak kecil tentu membuat rajut akan lebih mudah dilakukan. Dan inipun dimiliki oleh Mbak Triana Susanti, Owner Omah Rajut Idaman (ORI) yang beralamat di Kalangan, Bojong, Mungkid, Kab. Magelang.

Pada awalnya, produk UKM Omah Rajut Idaman (ORI) ada beberapa jenis seperti tas, sepatu dewasa, aksesoris, dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak produk sejenis yang muncul sehingga perlu melakukan inovasi agar mampu bersaing. Inovasi tersebut adalah diversifikasi produk menjadi sepatu rajut untuk bayi karena melihat pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Selain itu, merajut sepatu bayi prosesnya lebih cepat sehingga lebih banyak produk yang dihasilkan daripada produk lainnya. Untuk pengembangan usaha, saat ini UKM Omah Rajut Idaman (ORI) sedang menerapkan ilmu yang diperoleh dari Pelatihan Manajemen Operasional dan SDM yaitu Resik dan Rapi yang merupakan bagian dari 5R.

Hasil nyata dari penerapan materi tersebut adalah tempat produksi menjadi lebih tertata rapi, bersih, dan nyaman untuk ditempati hingga membuat suasana yang lebih produktif. Selain mendisplay produk di workshop, UKM Omah Rajut Idaman (ORI) juga telah memiliki akun instagram khusus yaitu @omah_rajut_idaman. Melalui akun tersebut, diharapkan jangkauan konsumen akan semakin luas dan mampu meningkatkan pemasaran produk.

#umkmjawatengah
#pendampinganumkm
#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampinganukmjateng