Menutup Buku dan Mulai Lembaran Baru

Kamis (30/03) - RAT
merupakan kewajiban koperasi sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota. Bagi koperasi, RAT tahun ini menjadi spesial karena harus dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. RAT sendiri dapat dilaksanakan melalui 3 (tiga) cara, yaitu secara langsung, tertulis, dan melalui media elektronik serta koperasi wajib memperhatikan protokol kesehatan.

Rabu (30/03) Koperasi Karyawan NASMOCO, memilih untuk melaksanakan RAT secara langsung beserta media elektronik di Hotel Setos Kota Semarang, turut hadir juga perwakilan dari Direksi Nasmoco selaku Pembina Kopkarnas. Panitia pun juga membatasi peserta yang hadir untuk mengurangi kerumunan sehingga dialihkan dengan menggunakan media elektronik Zoom Meeting.

Meski ditengah kondisi pandemi covid19, aktivitas penjualan mobil Toyota, jasa perbaikan kendaraan dan penjualan suku cadang di berbagai cabang tetap berjalan, Perwakilan dari jajaran Direksi Nasmoco, memberikan apresiasi serta motivasi kepada seluruh pengurus dan anggota atas terselenggaranya RAT ini dan terus berinovasi didalam memenuhi kebutuhan anggota.

Dwi Silo Raharjo, AP, M.Si (Kepala Seksi Organisasi di Bidang Kelembagaan) yang hadir mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan bahwa RAT adalah pemegang kekuasan tertinggi dalam koperasi, sehingga dalam situasi pandemi pun RAT wajib dan tetap bisa dilaksanakan.

Beliau juga menjelaskan mengenai pentingnya 7 prinsip Jati Diri Koperasi dan anggota koperasi diminta untuk lebih tertib dalam melaksanakan Hak dan Kewajibannya sebagai anggota koperasi. Sehingga akan menumbuhkan rasa kepedulian dan komitmen anggota kepada perkembangan koperasi. Selain itu, beliau memberikan paparan terkait adanya program dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Saat ini di Jawa Tengah telah ditetapkan bahwa 40% pengadaan barang dan jasa pemerintah harus berasal dari koperasi atau UMK. Bagi Koperasi Karyawan NASMOCO juga dapat turut serta dengan memberikan arahan-arahan bisnis dan bimbingan kepada anggotanya yang memiliki usaha, sehingga koperasi dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Harapannya, Koperasi Karyawan NASMOCO ini dapat menjadi forum dan momentum bagi anggotanya untuk menyampaikan aspirasi dan pandangan mengenai kegiatan koperasi kedepannya, sehingga koperasi bisa berkembang baik, kebutuhan anggota terpenuhi, dan anggota sejahtera.