Tanaman Asli Indonesia yang Mendunia

Siapa sangka porang yang merupakan jenis umbi-umbian memiliki banyak manfaat dan khasiat serta bisa menghasilkan cuan yang besar. Di tangan Bu Elis, tanaman porang bisa menjadi cuan lho.
Diolah menjadi tepung porang yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan jelly, bahan pengganti gelatin. Selain itu porang juga menjadi bahan utama pembuatan beras dan mie shirataki, cocok bagi yang mau diet sehat.

Usahanya bernama Porangworld berawal dari usaha sederhana di daerah Kendal, tanaman porang diiris tipis dan dikeringkan menjadi keripik/ chips porang. Kemudian dikirim ke eksportir untuk dijual dan diolah menjadi tepung di China. Kendala dalam usahanya adalah sulit mendapat konsumen Indonesia karena pemasaran dan edukasi produk porang sendiri.

Seiring berjalannya waktu, Bu Elis pun mulai berpikir kalau bisa mengolah di Indonesia kenapa harus dikirim ke China? Ujung-ujungnya Indonesia akan import dari China.

Alhamdulillah akhir tahun 2021, Bu Elis mendapatkan investor untuk bisa memiliki pabrik yang dapat mengolah tanaman porang menjadi tepung porang.
Bu Elis mengikuti pelatihan leveling Manajemen Operasional dan SDM dari Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah pada bulan Februari lalu, agar mendapatkan pengetahuan lebih mendalam sebelum merekrut karyawan barunya.
Bu Elis merasa sangat terbantu akan pelatihannya, karena Bu Elis jadi memiliki gambaran dalam mengelola operasional dan SDM usahanya.

Harapan kedepannya banyak perusahaan Indonesia yang menggunakan produk tepung porang hasil dari produksi asli Indonesia, tidak perlu import lagi.


#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampingkukmjateng
#umkmnaikkelas
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik
#ZonaIntegritas