Belajar SIBAKUL JOGJA

Yogyakarta, Diskop UKM Jateng study banding ke Diskop UKM Jogja guna memaksimalkan UMKM GO Digital (13/4/22).

Kunjungan ini pimpinan rombongan oleh Sekretaris Diskop Jateng Agus Suranta dan ditemui langsung oleh Kabid Kewirausahaan Diskop Jogja Wisnu.

Dalam penerpan SIBAKUL JOGJA merupakan awal keresahan dari pendampingan PLUT Jogja yang mendampingi KUMKM jogja dengan pendataan dan juga memasarkan usaha para pelaku.

Sibakul awalnya untuk pendataan KUMKM dalam bentuk web dikarenakan OPD ingin database KUMKM yang valid. Dalam perjalanannya Sibakul adanya pengembangan inkubakor bisnis. Para pelaku KUMKM di inkubasi oleh OPD dan melahirkan UMKM yang naik kelas.

Sibakul ini dikembangkan untuk markethub kepada para pelaku KUMKM Jogja dengan ekspedisi guna pemasaran produk. Adapun yang para pelaku Subakul merupakan KUMKM yang ber KTP Jogja dan memiliki usaha. Cara daftar di Sibakul bisa offline maupun online yang ada web sibakul. Para pelaku KUMKM yang mendaftar bisa hanya daftar ataupun memasarkan produk.

Para pelaku KUMKM ini dimudahkan pemasaran dengan gratis ongkir. Dalam hal ini OPD memberikan fasilitas gratis ongkir di Sibakul. Untuk transaksi para pelaku KUMKM merupakan harga jual yang ada di aplikasi Sibakul.