Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan KSP Cendrawasih

Semarang – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, melalui Bidang Pengawasan melakukan kunjungan dalam rangka pemeriksaan kesehatan koperasi terhadap KSP Cendrawasih di Kota Semarang. Pemeriksaan yang dilakukan pada hari Selasa, 12 April 2022, ini menggunakan instrumen kertas kerja yang masih relatif baru berdasarkan Permenkop UKM RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pengawasan Koperasi. Pemeriksaan Kesehatan Koperasi berdasarkan Permenkop UKM Nomor 9 Tahun 2020 menilai kesehatan koperasi dengan melihat pada 4 (empat) aspek, yaitu tata kelola, profil risiko, kinerja keuangan dan permodalan.

KSP Cendrawasih memiliki 1 (satu) Kantor Pusat dan 3 (tiga) Kantor Cabang yang tersebar di Kota Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Purbalingga. Tim Pemeriksa Kesehatan Koperasi dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melakukan pemeriksaan di Kantor Pusat KSP Cendrawasih, yang beralamat di Jalan Kedungmundu Raya 162 F, Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Dalam giat pemeriksaan ini, pihak KSP Cendrawasih diwakili oleh Sekretaris Koperasi, Kepala Kantor Pusat, dan Kepala Kantor Cabang Ngaliyan Semarang.

KSP Cendrawasih menunjukkan sikap yang sangat kooperatif selama proses pemeriksaan kesehatan koperasi. Data pendukung sebagai instrumen pembuktian disajikan dengan cukup lengkap dan terdokumentasi cukup rapi. Kendati demikian, dari giat ini masih ditemukan kekurangan dalam berbagai aspek yang dapat ditingkatkan oleh Pengurus dan Pengelola Koperasi.