Pemeriksaan Kesehatan Memudahkan Pengurus Mengukur Kinerja Koperasi

Di tengah bulan suci Ramadhan, kegiatan pengawasan dan pembinaan koperasi terus dilaksanakan. Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (14/4) melakukan kunjungan Pemeriksaan Kesehatan Koperasi pada KSP Rejo Agung Sukses yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No. 213, Kel. Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang. Ditemui langsung oleh Pengurus dan Pengelola, proses pemeriksaan berjalan dengan lancar.

Satu hal yang menjadi pembeda dari alur kerja Pemeriksaan Kesehatan yg baru dibandingkan dengan sebelumnya adalah adanya Berita Acara Pemeriksaan Kesehatan (BAPK) yang harus dibuat sebagai dokumentasi temuan selama proses pemeriksaan berlangsung. BAPK berisi temuan terkait kondisi koperasi yang belum sesuai dengan regulasi dan "titik lemah" koperasi berdasarkan kinerja keuangan yang diukur melalui rasio rasio dari laporan keuangan yang disajikan. Setelah dibaca dan disetujui, BAPK kemudian ditandatangani oleh Pengurus/Pengelola untuk selanjutnya dijadikan pedoman penyusunan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Koperasi.

Ibu Prisca, selaku bendahara KSP Rejo Agung Sukses, menyatakan Pemeriksaan Kesehatan Koperasi yang baru ini membantu Pengurus untuk bisa mengukur kinerja koperasi secara lebih menyeluruh. Tidak hanya skor dan predikat kesehatannya, namun lebih penting adalah penjelasan terkait aspek-aspek yang ada di dalamnya, sehingga perbaikan yang dilakukan dapat lebih tepat dan terarah.